Ini Aplikasi Pemenang "Facebook Indonesia Developer Challenge"

Ini Aplikasi Pemenang
Para pemenang dan dewan juri kompetisi Hackathon "Facebook Indonesia Developer Challenge" yang digelar di Jakarta, 4 September 2016 ( Foto: Beritasatu.com/Herman )
Herman / FER Minggu, 4 September 2016 | 15:42 WIB

Jakarta - Untuk memberikan edukasi kepada developer di Indonesia mengenai perangkat tanpa biaya yang dimiliki Facebook, serta bagaimana memanfaatkan perangkat tersebut ketika membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi, Facebook bekerja sama dengan DailySocial menggelar kompetisi Hackathon "Facebook Indonesia Developer Challenge".

Product Partnerships Facebook, Alice Wei, memaparkan, dari 120 tim yang mengajukan permohonan untuk bergabung di hackathon, dipilih 28 tim terbaik yang berhak mengikuti acara final Hackathon di Jakarta, 3-4 September 2016.

"Tujuan utama kompetisi ini adalah memberikan edukasi kepada developer di Indonesia tentang perangkat Facebook berikut produk yang kami miliki untuk membantu mereka dalam berinteraksi dengan pengguna," ujar Alice Wei di acara final Hackathon "Facebook Indonesia Developer Challenge" di Jakarta, Minggu (4/9).

Dalam kompetisi ini, papar Alice, masing-masing tim diminta untuk membuat aplikasi mobile atau website yang terintegrasi dengan platform products milik Facebook, antara lain Facebook Login, Account Kit, Save Plugin, Quote Plugin, dan App Invites.

Para peserta juga diperbolehkan membuat Messenger bot. Kompetisi ini juga memiliki kriteria khusus bernama "Hack for Her", sebuah tantangan menciptakan mobile apps dan website khusus untuk para perempuan.

Pemenang pertama dalam kompetisi ini diraih tim SSS yang mengembangkan aplikasi Linda, sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memberdayakan perempuan di daerah melalui Facebook Messenger. Pemenang kedua diraih Tim Monolog dengan aplikasi Smart FAQ, yaitu aplikasi penyedia layanan tanya jawab bagi pengguna untuk pertanyaan yang sering ditanyakan melalui Facebook Messenger

Tim Hamsterman dengan aplikasi Hamsterman meraih juara ketiga. Aplikasi yang dikembangkannya menyediakan sarana bagi pencipta visual novel untuk membuat dan menyebarluaskan cerita mereka melalui Facebook Messenger.

Selanjutnya pemenang kategori "Hack for Her" adalah tim Iwal dengan aplikasi Code For Girls (CFG) yang bertujuan memperkenalkan computational thinking dan pemrograman melalui Facebook Messenger.

Pemenang dari kompetisi ini mendapatan hadiah uang tunai senilai total Rp 65 juta dan FBStart Package senilai US$ 80.000 untuk masing-masing pemenang.





Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE