Jumlah Domain .id Terdaftar Tembus 1 juta

Ilustrasi Domain .id (Dok. Pandi)

Oleh: Abdul Muslim / MUS | Rabu, 11 Januari 2017 | 20:19 WIB

Jakarta - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) mencatat, jumlah domain .id yang terdaftar di Indonesia  telah mencapai 1.199.045. Namun, dari jumlah tersebut, pengguna aktif domain .id hingga akhir 2016 hanya 199.045, atau bertumbuh 30% dari tahun sebelumnya 153.006.

Ketua Pandi, Andi Budimansyah, mengatakan, peningkatan jumlah domain aktif tersebut terutama didukung oleh program 1 juta domain yang didaftarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). "Kenaikan ini konsisten dengan kenaikan tahun sebelumnya yang juga berada di angka 30-an persen," kata Andi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (11/1).

Dia menjelaskan, dari target 1 juta domain .id tahun lalu, ada 35.149 domain yang aktif dan telah diisi oleh penggunanya. Sementara itu, 964.851 domain dari program pemerintah tersebut tidak aktif dan kini telah dicadangkan.

Kemudian juga diketahui, dari 35.149 domain yang sudah aktif, tercatat sebanyak 26.697 domain digunakan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), komunitas sebanyak 4.890 domain, sekolah sebanyak 3.351, pondok pesantren 184, dan desa sebanyak 27 domain.

Andi melanjutkan, tahun 2017, masyarakat bisa kembali mengikuti program 1 juta domain .id secara gratis. Hal itu sangat dimungkinkan karena masih ada 964.851 domain .id tidak aktif yang akan disediakan kembali untuk masyarakat.

Pandi saat ini masih menunggu syarat dan ketentuan bagi warga yang ingin mengikuti program tersebut. Kemkominfo pun diharapkan segera menerbitkan aturan mainnya.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyampaikan, program 1 juta domain .id masih dilanjutkan tahun ini. Domain yang tidak aktif nantinya bisa dimanfaatkan oleh berbagai kalangan masyarakat, seperti UMKM, komunitas, sekolah, madrasah, maupun individu yang berminat.

Ia pun berharap, sebanyak 1 juta domain .id bisa aktif tahun ini. "Targetnya setahun bisa selesai," ujarnya.

Domain merupakan nama unik yang digunakan sebagai alamat di internet. Domain dapat digunakan untuk alamat email, alamat situs, dan alamat lainnya yang berbasis internet. Domain juga acap kali disebut sebagai alamat URL atau pun alamat website.

Sementara itu, domain .id merupakan tingkat tinggi untuk Indonesia. Dengan kata lain, domain .id adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi individu atau institusi di internet yang berasal dari Indonesia.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT