Trafik Data XL Axiata di Lebaran Naik 218 Persen

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (kanan) bersama Chief Service Management XL Axiata Yessie D. Yosetya (kiri) dan Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashiruddin (tengah) melihat layar yang menampilkan jangkauan sinyal XL di jalur mudik saat kunjungan ke Network Monitoring XL di Jakarta, 23 Juni 2017. (Antara/Hafidz Mubarak A)

Oleh: Lona Olivia / Herman / FER | Selasa, 27 Juni 2017 | 19:33 WIB

Jakarta - Di momen Lebaran 2017, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatatkan kenaikan trafik layanan data. Dalam periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, terjadi kenaikan trafik layanan data hingga 15 persen dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218 persen dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu.

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan, kenaikan ini didorong oleh peningkatakn aktivitas akses ke layanan data oleh pelanggan XL dibandingkan hari-hari biasa, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia.

"Sampai saat ini kami terus secara maksimal bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran. Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik data, SMS, juga voice, meskipun terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan. Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk penambahan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat," ujar Yessie D. Yosetya dalam keterangan resminya, Selasa (27/6).

Yessie memaparkan, trafik data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat lebih dari 4.020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB. Untuk trafik akses ke Facebook meningkat lebih dari 50 persen, Instagram lebih dari 20 persen, serta YouTube lebih dari 17 persen. Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135 persen.

Untuk akses ke layanan social media messaging seperti WhatsApp, FB Messenger dan LINE juga meningkat lebih dari 46,5 persen. ‪Sedangkan akses ke layanan berbasis VoIP Call seperti WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, dan Skype meningkat sekitar 9 persen.

 




Sumber: PR
ARTIKEL TERKAIT