Aplikasi Pesan Perlahan Matikan Layanan Suara dan SMS

Ilustrasi ponsel pintar. (ist)

Oleh: Herman / YUD | Kamis, 29 Juni 2017 | 08:53 WIB

Jakarta - Sejak kemunculan aplikasi pesan singkat yang kini juga dilengkapi dengan fitur panggilan membuat layanan suara (telepon) dan SMS semakin ditinggalkan pengguna telepon seluler. Hal ini juga tergambar dari data peningkatan traffic layanan telekomunikasi yang disampaikan operator seluler selama periode mudik hingga Lebaran 2017.

Di hari Lebaran, Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data hingga 136% menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) dibandingkan dengan traffic data di periode yang sama tahun 2016. Jika dibandingkan dengan hari biasa selama 2017, layanan ini juga mengalami kenaikan lebih dari 27%.

Berbeda dengan layanan data yang semakin diminati, traffic layanan suara dan SMS justru mengalami penurunan. Layanan suara turun 6% menjadi 1,3 miliar menit, sementara SMS cenderung stagnan di angka 740 juta SMS.

Kondisi yang sama juga terjadi pada pelanggan XL. Direktur Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya menyampaikan, pada periode H-5 hingga H+2 Lebaran, terjadi kenaikan traffic layanan data XL hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Untuk akses ke aplikasi pesan seperti WhatsApp, FB Messenger, dan LINE, peningkatannya mencapai lebih dari 46,5%. Yessie mengatakan peningkatan ini sekaligus menunjukkan perubahan perilaku pelanggan XL yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS.

Untuk layanan berbasis VoIP Call seperti WhatsApp Call, Facebook VoIP hingga Skype, peningkatannya sekitar 9%. Menurut Yessie, layanan ini merupakan sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT