Penelusuran Suara Google Sudah Bisa dalam Bahasa Jawa dan Sunda‬

Google (Google)

Oleh: Herman / FMB | Selasa, 12 September 2017 | 13:40 WIB

‪Jakarta - Untuk membantu masyarakat Indonesia memaksimalkan potensi internet, Google hari ini (12/9) merilis teknologi voice input (masukan suara) dalam bahasa Jawa dan Sunda.

Bekerja sama dengan beberapa universitas lokal seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia, pengguna Google kini dapat berbicara dalam bahasa Jawa dan Sunda saat menggunakan aplikasi Google App, aplikasi Google Translate, serta aplikasi keyboard pintar Gboard di Android.‬

‪“Agar internet semakin inklusif dan berguna bagi banyak orang, hambatan bahasa perlu diatasi. Hal ini sangat relevan di Indonesia seiring meningkatnya jumlah pengguna Internet. Maka kami terus berusaha untuk meluncurkan berbagai produk dan fitur yang akan memudahkan penutur bahasa-bahasa di Indonesia dan memenuhi kebutuhan penduduk Indonesia untuk bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan, kapan saja, di mana saja," kata Technical Program Manager, Speech and Keyboard Team Google, Daan van Esch dalam keterangan resmi yang diterima Beritasatu.com, Selasa (12/9).

Untuk menerapkan variasi bahasa baru, lanjut Daan van Esch, Google bekerja sama dengan penutur asli untuk mengumpulkan contoh percakapan, dan meminta mereka membaca frasa yang umum digunakan. Proses ini melatih model machine learning Google untuk memahami suara dan kata dalam bahasa baru, serta meningkatkan akurasinya saat menangkap lebih banyak contoh suara dan kata dari waktu ke waktu.

Dengan semakin banyaknya penutur bahasa asli yang menggunakan produk ini, teknologi masukan suara untuk masing-masing bahasa ini pun akan terus menjadi semakin baik.‬




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT