Asian Parent Beberkan Survei Perilaku Internet Ibu Indonesia

Facebook. (AFP)

Oleh: Iman Rahman Cahyadi / CAH | Rabu, 13 September 2017 | 22:17 WIB

Jakarta - Portal parenting terbesar di Asia, theAsianparent.com mengungkapkan hasil survei Indonesian Digital Mums (IDM) 2017.

Laporan yang didasarkan pada data riset mendalam dengan lebih dari 1.000 ibu yang tinggal di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan ini mengungkap karakteristik digital terbaru dan kecenderungan yang muncul dalam perilaku online para ibu Indonesia, konsumsi internet, serta kebiasaan mereka dalam menggunakan media sosial.

Salah satu hasi survei adalah setelah seorang wanita menikah dan menjadi seorang ibu terjadi penurunan 81 persen untuk menyaksikan siaran televisi. Meski demikian pola penggunaan internet pada seorang wanita yang baru menjadi ibu masih tetap tinggi yakni sebesar 53,5 persen meski terjadi penurunan 46,5 persen.

Bahkan internet menjadi sarana yang paling diandalkan seorang ibu untuk menjawab masalahnya.

“Sebanyak 65 persen seorang ibu akan terlebih dahulu mencari solusi atas masalah yang dihadapinya baik itu ketika anak sakit melalui internet dibanding bertanya ke teman atau keluarga yang hanya 20 persen. Sisanya 15 persen, mereka akan bertanya ke profesional kesehatan,” ujar Putri Fitri, Head of Content The Asian Parent, Rabu (13/9).

Hasil survei IDM lain yakni 99 persen ibu memiliki satu akun media sosial dimana 19 persen mereka menghabiskan lebih dari 10 jam menggunakan facebook dan 10 persen menggunakan instagram.

“Menggunakan facebook atau instagram juga menjadi sarana para ibu menjalin silaturahmi. Bahkan sekalipun anaknya sudah tidur, ibu akan lebih memilih beristirahat dengan membuka facebook atau instagram,” tambah Putri.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT