Tata Prima "Disiksa" di Medan Off Road Sentul

Tata Prima diuji di medan offroad, Sentul, Jawa Barat, Kamis (14/9). ()

Oleh: Harso Kurniawan / HK | Kamis, 14 September 2017 | 20:00 WIB

Jakarta – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), agen pemegang merek (APM) Tata Motors di Indonesia, menggelar Tata Prima LX 2528.K 6x4 Media Driving Experience 2017 di wahana off-road Desa Pelangi, Sentul, Jawa Barat, Kamis (14/9). Program ini digelar dalam rangka memberikan edukasi kepada Jurnalis tentang dasar pengoperasian dan pengendaraan truk off-road heavy-duty (dump truck) di medan off-road.

Truk Tata Prima LX 2528.K adalah dump truck untuk mengangkut komoditas tambang dan material konstruksi dengan daya angkut maksimal 25 ton. Dalam kegiatan ini, jurnalis dapat langsung merasakan pengalaman berkendara Tata Prima LX 2528K 6x4 di medan off-road yang menyajikan halang rintang khas medan off-road di Indonesia.

Tujuan halang rintang tidak lain akan memperkuat pemahaman jurnalis tentang performa dan fitur kendaraan secara lebih riil dan menyeluruh, mulai dari pengoperasian standar mengendara truk, mengatur gaya belok, melakukan pengereman, dan pengetahuan dalam melewati lintasan off-road dengan baik dan aman, baik itu tanjakan, genangan, berlubang termasuk kontur medan dengan ketinggian berbeda. Kegiatan ini juga memberikan pemahaman teknis teknologi dan fitur Tata Prima LX 2528K 6x4 secara rinci kepada jurnalis.

“Kebutuhan akan kendaraan niaga khususnya di industri pertambangan dan konstruksi menuntut spesifikasi kendaraan yang baik, terutama di sektor kenyamanan mengendara, daya tahan komponen, efisiensi bahan bakar serta daya angkut yang sesuai serta layanan servis rutin dan perbaikan. Semua sektor harus terintegrasi guna mendukung tujuan perusahaan konsumen dalam mengejar produktivitas dan profit,” ujar Pankaj Jain, direktur penjualan dan pemasaran TMDI dalam keterangan resmi.

Tata Prima LX 2528.K menggunakan sistem penggerak 6x4 yang membuatnya tangguh dan mampu mengatasi medan off-road di area pertambangan manapun di Indonesia. Ketangguhannya berkat sasis kuat, ban khusus medan off-road, dan suspensi kokoh.

Penggunaan sistem penggerak yang andal memastikan minimnya tenaga yang hilang dari mesin ke roda,, sehingga tingkat efisiensi yang ditawarkan truk ini sangat tinggi. Tata Prima LX 2528.K memiliki gross vehicle weight (GVW) hingga 25 ton, dan menggunakan mesin diesel lansiran Cummins berstandar emisi Euro-III yang berperforma tinggi dan mampu melimpahkan tenaga hingga 280 hp pada 2.500 rpm dengan torsi puncak hingga 975 nm pada 1.500 rpm. Tenaga itu dipasok ke transmisi 9-speed dan dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 87 km per jam.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT