Teknologi Linksys Lipatgandakan Performa Wi-Fi

Ilustrasi dunia digital. (Antara)

Oleh: Whisnu Bagus Prasetyo / WBP | Selasa, 14 November 2017 | 19:12 WIB

Jakarta– Linksys, pionir konektivitas nirkabel meluncurkan MAX-STREAM tm AC2200 Tri-Band Router (EA8300) dan MAX-STREAM tm AC4000 MU-MIMO Tri-Band Router (EA9300) guna melipatgandakan performa Wi-Fi sehingga memaksimalkan kinerja router dual-band.

"Router Max-Stream Tri-Band memungkinkan melipatgandakan kinerja dual-band, sehingga ideal untuk menonton 4K/HD streaming, main game online dan mengadakan konferensi video tanpa terganggu lag atau buffering," kata Channel Sales & Marketing Manager Belkin Indonesia Representative, Ivona Radita dalam keterangan tertulisnya yang diterima Beritasatu.com, Selasa (14/11).

Kedua router ini menggunakan teknologi Multi-User Multiple-Input Multiple-Output (MU-MIMO) dengan koneksi tidak terputus ke semua perangkat. Banyak piranti modern seperti pemutar media HD streaming, 4K TV, tablet, dan game yang mengonsumsi banyak bandwidth. Dengan teknologi MU-MIMO, router EA8300 dan EA9300 mengirim Wi-Fi ke beberapa perangkat di waktu bersamaan dengan kecepatan sama.

Dia mengatakan, kecepatan EA8300 mencapai 2,2 Gbps dan dilengkapi Quad-Core Central Processing Unit (CPU), sedangkan EA9300 memiliki band tambahan sebesar 5 GHz guna meningkatkan kecepatan hingga 4,0 Gbps. "Berbeda dengan router tradisional generasi sebelumnya, dengan range extender yang mengharuskan menghubungkan perangkat secara manual agar tetap terkoneksi, EA8300 dan EA9300 memungkinkan perangkat dapat terhubung secara otomatis ke sinyal Wi-Fi," kata dia.

Terlepas dari teknologi MU-MIMO, EA8300 didukung empat antena eksternal yang membantu memperluas jangkauan Wi-Fi dan empat port Gigabit ethernet yang memberikan kecepatan kabel superior yaitu 10x lebih cepat daripada ethernet standar. .

"Ini didukung teknologi beamforming yang mengurangi gangguan dan memfokuskan sinyal ke arah semua perangkat Wi-Fi. Ada juga fitur airtime fairness yang dapat mengurangi lagging dan meningkatkan efisiensi Wi-Fi rumah dengan cara mendistribusikan secara merata ke beberapa perangkat di waktu yang bersamaan," kata dia.

Harga jual EA8300 dibanderol Rp 2.779.000 dan EA9300 baru akan masuk pertengahan Desember di Indonesia.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT