Supermicro Bantu NASA Perluas Komputasi dan Analisis Data Lanjutan Alam Semesta

Solusi SCU14 yang disediakan oleh Supermicro dan CSRA terdiri dari tiga jenis node: compute nodes, service nodes, dan I/O nodes (Istimewa)

Oleh: Imam Suhartadi / IS | Selasa, 14 November 2017 | 22:15 WIB

Jakarta - Super Micro Computer Inc, mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah berkerja sama dengan NASA Center for Climate Simulation (NCCS) untuk memperluas komputasi tingkat lanjut dan analisis data yang digunakan untuk mempelajari Bumi, tata surya dan alam semesta.

Berdasarkan kombinasi kepadatan, kinerja sistem dan biaya yang optimal, solusi berbasis Supermicro FatTwin membawa 1,56 PetaFlops tambahan untuk para periset NASA. Rack Scale solution diintegrasikan dari pabrik di markas Supermicro di Silicon Valley untuk memberikan keandalan dan efisiensi optimal.

“Memberdayakan para ilmuwan, seperti yang ada di NASA, dengan solusi komputasi dan analisis data mutakhir terkini adalah komponen kunci misi Supermicro untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik tidak hanya bagi kita tetapi juga untuk generasi mendatang,” kata Charles Liang, Presiden dan CEO Supermicro dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (14/11).

NCCS adalah bagian dari Computational and Information Sciences and Technology Office (CISTO) dari Direktorat Ilmu Pengetahuan dan Eksplorasi Pusat Penerbangan Antariksa Goddard (GSFC).

Misinya adalah untuk memungkinkan para ilmuwan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang Bumi, tata surya, dan alam semesta dengan menyediakan berbagai komputasi canggih dan solusi analisis data.

Sebagai bagian penting dari pencapaian misi ini, NCCS menyediakan mesin komputasi berkinerja tinggi (HPC), penyimpanan massal, dan solusi jaringan untuk memenuhi kebutuhan khusus komunitas pengguna ilmu Bumi dan ruang angkasa NASA.

“Dengan Supermicro 3.0, kami sangat senang melihat investasi kami dalam kemajuan teknologi inovatif, perluasan infrastruktur dan pengiriman global yang dimanfaatkan oleh NASA, dan kami akan terus bekerja sama dengan NASA, Intel dan mitra lainnya seperti CSRA dan Motivair untuk menyediakan layanan turn-key Rack Scale Solutions lengkap ke salah satu lembaga penelitian yang paling dihormati di dunia,” katanya.

Di dalam NCCS, sistem Discover adalah cluster HPC utama dan terdiri dari unit penghitungan individual, disebut Scalable Compute Units (SCUs). Penambahan terbaru ke cluster discover adalah SCU14 yang disediakan oleh Supermicro.

Pengadaan untuk perluasan sistem ini diberikan kepada Edge Solutions & Consulting, Inc., yang berkantor pusat di Westlake Village, California.

Edge adalah sistem integrator bisnis kecil, bersertifikat, yang dimiliki oleh wanita, yang menyediakan solusi kelas enterprise untuk pelanggan kelas enterprise yang kompleks.

“Ini adalah langkah selanjutnya dalam mengembangkan sistem superkomputer NCCS untuk menyelenggarakan simulasi cuaca dan iklim beresolusi tinggi untuk mendukung misi NASA,” kata Daniel Duffy, NCCS High Performance Computing Lead.

“Simulasi semacam itu bekerja bersamaan dengan pengamatan satelit, udara, dan permukaan NASA untuk membantu ilmuwan dan pembuat kebijakan lebih memahami kejadian cuaca ekstrem, dampak iklim musiman, dan perubahan jangka panjang,” katanya.

Dari sudut pandang kinerja, penyebaran ini membawa 1.56 PetaFlops tambahan ke NASA di atas 3.5 PetaFlops yang ada untuk peningkatan hampir 45%. Dibandingkan dengan penambahan SCU13 sebelumnya, SCU14 lebih dari dua kali lipat kinerja (216%) dengan jejak karbon yang lebih kecil dan TCO yang lebih rendah.

Solusi SCU14 yang disediakan oleh Supermicro dan CSRA terdiri dari tiga jenis node: compute nodes, service nodes, dan I/O nodes.

Compute nodes akan digunakan untuk menjalankan pekerjaan paralel besar yang akan berkomunikasi antara semua compute nodes dalam fase tertentu yang melibatkan beberapa SCU.

Service nodes akan digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk namun tidak terbatas pada: login pengguna, pengeditan, kompilasi, penyerahan batch, tugas cron, manajer subnet, node manajemen, dll. I/O nodes menyediakan saluran untuk memindahkan data antara sebuah Fibre Channel SAN dan menghitung node melalui fabric interkoneksi berkecepatan tinggi. Compute nodes adalah stateful nodes dengan SSD sebagai penyimpanan persisten.

Supermicro turn key Rack Scale Solution untuk SCU14 didasarkan pada server nodes Supermicro FatTwin  yang masing-masing dilengkapi dengan prosesor dual 20 core Intel  Xeon Gold dan Intel® SSD untuk penyimpanan persisten.

FatTwin SuperServer adalah sistem 8 node 4U dengan masing-masing node yang mendukung 12 slot DIMM dan enam SSD front hot swap.

Untuk menyediakan interkoneksi berkecepatan tinggi, cluster ini menggunakan switch jaringan terkelola Intel Omni Path (OPA) 100G 48 port top of rack.

Rak Supermicro 42U untuk solusi cluster HPC terintegrasi ini dilengkapi dengan ChilledDoor Rack Cooling System dari Motivair untuk memaksimalkan efisiensi pendinginan untuk memperbaiki PUE.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT