Xiaomi Redmi Note 5A, Ponsel Harian Terjangkau

Xiaomi Redmi Note 5A. (BeritaSatu Photo/Yudo Dahono)

Oleh: Yudo Dahono / YUD | Minggu, 19 November 2017 | 12:03 WIB

Jakarta – Xiaomi telah merilis ponsel terbaru di segmen entry level Redmi Note 5A. Dipasarkan dengan harga Rp 1,499 juta, Redmi Note 5A membuat ponsel ini lebih kompetitif pada segmen yang sensitif terhadap harga ini.

Beritasatu.com mendapatkan kesempatan untuk menjajal kemampuan dari Note 5A ini selama beberapa hari terakhir. Berikut ulasan mengenai Redmi Note 5A.

Xiaomi Redmi Note 5A yang juga memiliki nama Redmi Y1 di pasar India serta Note 5A Prime untuk pasar Tiongkok ini memiliki bentang layar 5,5 inci HD di mana rasio layar dengan bodi mencapai 91,6%. Layar Note 5A ini memiliki densitas 236 ppi (pixel per inch).

Note 5A dibekali RAM 2GB dengan penyimpanan internal 16 GB. Kapasitas penyimpanan ini dapat ditingkatkan hingga 128 GB menggunakan kartu microSD. Kapasitas penyimpanan internal saat kami uji menggunakan aplikasi CPU X mau pun CPU-Z ternyata hanya terdeteksi sekitar 10 GB saja dengan ruang gegas sekitar 3,32 GB.

Kapasitas penyimpanan Xiaomi Redmi Note 5A

Kapasitas penyimpanan internal

Ponsel ini memiliki kamera beresolusi 13MP dengan aparture f/2.2 serta dilengkapi Phase Detection Autofokus (PDAF). Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5MP dengan aparture f/2.0. Sementara kapasitas baterai Note 5A mencapai 3080mAh. Perangkat yang sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia mulai 9 November ini memiliki berat yang cukup ringan, hanya 153 gram saja.

Pada bagian depan, Xiaomi mendesain Note 5A dengan casing yang terlihat seperti berbahan metal, tapi Anda bakal segera merasakan bahwa body ponsel ini terbuat dari plastik. Note 5A tidak memiliki tombol fisik pada bagian depan di mana pada bagian atas diletakkan kamera depan 5MP, earpiece, serta titik sensor.

Xiaomi meletakkan tombol volume serta power pada sisi kanan atas ponsel. Sementara di bagian sisi kiri terdapat slot kartu SIM sekaligus kartu memory. Note 5A sudah memiliki memiliki Triple Slots yaitu 2 slot SIM sekaligus satu slot memory terpisah yang membuat penggunanya bisa memakai dua SIM serta menancapkan kartu memory microSD.

Pada bagian atas ponsel ini terdapat port audio 3,5 mm serta infrared emitter ciri khas dari Xiaomi yang berfungsi sebagai remote control universal menggunakan aplikasi Mi Remote. Anda bisa mengendalikan aneka peralatan rumah tangga menggunakan ponsel ini. Satu fungsi praktis yang jarang ada di ponsel lainnya pada saat ini.

Di bagian bawah terdapat port micro USB serta satu speaker di sisi kanan ponsel. Sementara itu pada bagian belakang ponsel terdapat kamera utama dengan lampu kilat (flash) yang diletakkan dalam posisi sejajar.

Secara keseluruhan ponsel ini berukuran pas untuk digenggam, dengan desain membulat di semua sudut dan tidak licin di tangan. Kekurangan yang ada adalah tidak adanya sensor sidik jari yang dapat diterima mengingat harga yang ditawarkan Xiaomi untuk Redmi Note 5A ini di bawah ponsel sekelasnya.

Dari segi layar, Note 5A yang telah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 ini cukup nyaman untuk dipakai menonton, menjelajah internet, melakukan aktivitas sosial media atau membuka-buka email. Kekurangannya adalah layar ini terbilang standar bahkan cenderung redup saat dipakai di luar ruangan, utamanya ketika di bawah terik sinar matahari.

Ponsel ini sudah menyematkan fitur Reading Mode saat dipakai untuk membaca agar mata tidak terasa cepat lelah saat melakukan aktivitas tersebut. Layar Note 5A akan terlihat bernuansa kuning saat fitur Reading Mode diaktifkan. Sementara itu respon sentuh dari layar ponsel ini terbilang cukup responsif.

Note 5A ternyata tidak memiliki pembaharuan yang cukup berarti dari sang kakak 4A. 5A masih mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 Adreno 308, sama persis seperti 4A. Memori yang digunakan pun identik yaitu 2GB dengan kapasitas penyimpanan internal 16 GB.

Saat kami mendapatkan unit uji, Note 5A telah disematkan sistem operasi Android 7.1.2 dengan MIUI 8.5.6. Xiaomi menjanjikan Note 5A akan segera mendapatkan update MIUI 9.

Kendati memiliki spesifikasi yang mirip denan Note 4A, Redmi Note 5A cukup lancar membuka berbagai aplikasi harian seperti email, YouTube, Twitter, Instagram, Facebook serta WhatsApp. Kami juga menjalankan gim casual seperti Clash of Clans, Clash Royale, serta gim yang cukup menguras Mobile Legend yang dapat dijalankan ponsel ini dengan cukup lancar.

Dari soal daya tahan, Note 5A bisa bertahan seharian lebih untuk pemakaian wajar. Bahkan saat digeber menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0 battery, Note 5A mampu bertahan selama 9 jam 13 menit. Stamina yang cukup impresif untuk baterai berkapasitas 3.080 mAh.

Hasil Benchmark baterai Xiaomi Redmi Note 5A

Hasil benchmark Work 2.0 battery life

Yang patut diperhatikan adalah ponsel ini belum memiliki fitur fast charging atau pengisian cepat, sehingga diperlukan waktu sekitar 4 jam untuk mengisi penuh baterai berkapasitas 3.080 mAh milik Note 5A.

Hasil kamera dari Note 5A ini terbilang cukup untuk dokumentasi atau diunggah di media sosial. Kamera depan ponsel ini telah memiliki fitur Beautify yang bakal memoles wajah penggunanya menjadi lebih tampan atau pun cantik.

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5A

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 5A

Hasil foto

Untuk kamera utama, keberadaan Phase Detection Autofokus (PDAF) membuat Note 5A cukup cepat mengambil fokus dalam sekejap. Bahkan ponsel ini mampu mengambil foto bokeh atau foto dengan latar belakang blur. Kekurangan dari kamera Note 5A adalah foto yang dihasilkan pada saat malam atau dalam kondisi minim cahaya, hasilnya kurang memuaskan.

Bagi Anda yang menginginkan kamera bujet, Xiaomi Redmi Note 5A ini bisa menjadi pilihan. Dengan harga Rp 1,499 juta, Xiaomi Redmi Note 5A menawarkan fitur serta kemampuan ponsel lain yang ditawarkan seharga 2 jutaan dari vendor lainnya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5A:
Layar: IPS LCD 5,5 inci resolusi HD 1280 x 720 pixel dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3
Chipset : Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 Quad-core Cortex-A53 1,4 GHz Adreno 308
Memori : internal 16 GB, eksternal hingga 128 GB
RAM: 2 GB
Kamera : Belakang 13 MP, f/2.2 PDAF LED flash;
Kamera depan 5 MP, f/2.0
Sistem Operasi : Android 7.1.2 (Nougat) MIUI 8.5.6
Pilihan warna: black, grey dan gold




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT