#SaveTiangListrik Masuk Daftar Tagar Terpopuler 2017

Ilustrasi. (AFP/EMMANUEL DUNAND)

Oleh: Herman / YUD | Rabu, 6 Desember 2017 | 17:37 WIB

Jakarta - Sepanjang tahun 2017, ada begitu banyak tanda pagar atau tagar (#) yang digunakan oleh para pengguna Twitter dalam cuitan mereka. Sebagai platform yang bersifat live dan conversational, Twitter memang menjadi tempat bagi generasi muda Indonesia untuk terhubung dengan berbagai momen seru di dunia, dan menjadi bagian dari percakapan global dengan mengikuti tanda pagar tertentu.

"Ada beberapa tagar yang sering digunakan oleh pengguna Twitter di Indonesia sepanjang 2017. Topiknya juga sangat beragam, mulai dari olahraga sampai masalah sosial," ungkap Country Head Twitter Indonesia, Novita Jong, di Jakarta, Rabu (6/12).

Berikut ini 10 tagar terpopuler di Indonesia sepanjang 2017.

1. #PersibDay
Tagar ini selalu digunakan oleh penggemar tim sepakbola Persib setiap kali tim sepakbola Bandung ini berpartisipasi dalam suatu pertandingan. Bahkan seringkali tagar ini memuncaki trending topic di Twitter.

2. #JumatBerkah
Tagar ini selalu menjadi trending topic setiap hari jumat, yang sering dikaitkan dengan ucapan syukur dan kegembiraan menyambut akhir pekan.

3. #WingsTourInJakarta
Tagar ini banyak dicuitkan ketika penggemar Bangtan Boys atau dikenal sebagai BTS menyambut boyband idolanya menggelar pertunjukkan di Indonesia

4. #TimnasDay
Tagar ini biasa digunakan oleh pengguna Twitter untuk menyemangati tim nasional Indonesia saat bertanding.

5. #PersijaDay
Tagar ini selalu digunakan penggemar klub sepakbola Persija setiap kali mereka berlaga dalam pertandingan. Tagar ini juga sempat mendominasi linimasa Twitter selama Liga 1 berlangsung.

6. #FreeAhok
Tagar ini banyak digunakan untuk menyatakan dukungan pengguna Twitter terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

7. #RI72
Masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan tagar ini untuk berbagi keseruan perayaan hari kemerdekaan.

8. #GoJekTravelokaLiga1
GoJek Traveloka Liga 1 adalah musim ke-60 dari kasta sepakbola tertinggi di Indonesia di bawah PSSI, dan edisi perdana dengan menggunakan nama baru Liga 1 untuk menggantikan Liga Super.

9. #SaveTiangListrik
Kasus korupsi e-KTP yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto banyak mendapatkan sorotan dari pengguna Twitter di Indonesia. Saat mobil yang ditumpangi Novanto menabrak tiang listrik, tagar ini banyak dipakai dalam bentuk satir untuk mengajak masyarakat melindungi tiang listrik yang ditabrak dan menyebabkan Novanto cedera.

10. #PilkadaDKI
Tagar Pilkada DKI juga mendominasi momen Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Masyarakat menggunakannya untuk mencari informasi, menyuarakan opini, serta berbagi momen seru saat acara debat antar kandidat.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT