India - Asean ICT Expo 2017

Akselerasi Teknologi Perkuat Kerja Sama India dan Asean

Kiri ke Kanan: Joint Secretary Dept of Telecom India Amit Yadav, Co Chairman TEPC sekaligus CEO Tejas Network Sanjay Nayak, Chairman TEPC Shymal Gosh, Duta Besar India untuk ASEAN Suresh K Reddy, Direcorat General TEPC Rakesh Kumar Bhatnagar, dan Secretary TEPC dan DDG Internasional Cooperation Government of India RK Pathak, dalam acara India - ASEAN ICT Expo 2017, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu, 6 Desember 2017. (Beritasatu Photo/Feriawan Hidayat)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Rabu, 6 Desember 2017 | 21:30 WIB

Jakarta - Untuk memperkuat hubungan dan komitmen antara India dan kawasan ASEAN, dewan promosi dan layanan ekspor telekomunikasi India (TEPC) menggelar acara India - ASEAN ICT Expo 2017, di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (6/12).

"Kami memiliki pengalaman dalam digital connectivity. Tidak hanya pendidikan dengan koneksi kepada 10.000 kampus di seluruh India dengan high speed broadband. Konten e-education dengan beragam bahasa kami atasi dengan teknologi," ujar Joint Secretary Departemen of Telecom Government of India, Amit Yadav, di sela acara.

Menurut Amit, solusi pendidikan jarak jauh ini juga telah digunakan di sejumlah kampus di benua Afrika yang bisa terkoneksi ke kampus di India. "Solusi ini rasanya cocok bagi Indonesia yang punya kondisi penduduk seperti India yang jumlahnya besar dengan sejumlah bahasa daerah," tambahnya.

India - Asean ICT Expo 2017

Digital Connectivity

Duta besar India untuk ASEAN, Suresh K Reddy, mengatakan, dasar kerja sama di bidang digital antara India dan ASEAN adalah berbagi pengalaman. "Potensi seperti digital economy yang bertumpu kepada anak muda dengan kemampuan ICT akan membawa pengaruh munculnya lapangan kerja yang baru," tandasnya.

Pengalaman India dalam membangun infrastruktur broadband dengah harga kompetitif serta menghasilkan banyak talenta di bidang ICT dapat menjadi acuan bagi negara-negara ASEAN termasuk Indonesia.

"Pengembangan infrastruktur di India terlihat dengan komitmen pemerintah untuk membangun jaringan broadband fiber optik sepanjang 250.000 kilometer (km) yang menyentuh seluruh desa di India," tandasnya.

Chairman TEPC, Shyamal Ghosh, menambahkan, dengan infrastruktur yang memadai pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang ahli di bidang ICT, juga akan lebih mudah.

"Kami memiliki banyak solusi di bidang ICT yang kompetitif dan penguasaan teknologi yang terus berkesinambungan," kata Shyamal.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT