PostgreSQL Jadi Alternatif Solusi Manajemen Sistem Database

PostgreSQL Jadi Alternatif Solusi Manajemen Sistem Database
Ilustrasi Sistem Solusi PostgreSQL 10. ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Sabtu, 23 Desember 2017 | 15:01 WIB

Jakarta - Transformasi digital pada model bisnis saat ini, mendorong inovasi manajemen database open source. Biaya menjadi faktor pertimbangan penting dalam menghadapi pesatnya ekspansi informasi dan data di lingkungan perusahaan.

PostgreSQL sebagai Object Based Relational Database Management System (ORDMS) telah menjadi sebuah pilihan utama sistem database kelas perusahaan dan bahkan menjadi alternatif kuat dari solusi sistem database komersial berbayar.

Laporan The State of Open Source RDBMS 2015 keluaran Gartner menyatakan, pasar OSDBMS bernilai US$ 562 juta dan tumbuh 32 persen dari tahun ke tahun sejak 2013. Gartner memprediksi, lebih dari 70 persen aplikasi baru akan dikembangkan pada OSDBMS pada 2018. Rendahnya biaya kepemilikan total (TCO) disebutkan sebagai alasan utama.

Hal senada diungkapkan pula dalam konferensi PostgreSQL Conference 2017 (PGConf.Asia 2017) yang berlangsung di Akihabara Convention Hall, Tokyo, Jepang. Konferensi ini, menjadi ajang kolaborasi komunitas yang aktif sebagai kontributor untuk mendorong inovasi PostgreSQL secara independen dan terbuka.

Seiring perkembangan positif PostgreSQL, perusahaan di balik inisiatif manajemen data open source juga semakin matang. Salah satu perusahaan tersebut adalah PT Equnix Business Solutions (Equinix) yang turut hadir pada PGConf.Asia 2017.

Saat menyampaikan keynote speach di depan para peserta PGConf.Asia 2017, Chief Executive Officer (CEO) Equinix, Julyanto Sutandang mengungkapkan, masyarakat bisnis Indonesia telah siap mengadopsi PostgreSQL dengan lebih mendalam. Indonesia, lanjut dia, membutuhkan open source untuk memperkuat perekonomian, menghemat biaya, dan menjamin integritas data serta keamanan.

"Pasar Indonesia kini lebih membuka diri terhadap platform dan solusi database open source dalam bisnis yang merupakan peluang bagus untuk produk database open source seperti PostgreSQL," kata Julyanto, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Sabtu (23/12).

Julyanto menambahkan, Equnix berkontribusi sebagai penyedia layanan professional maintenance PostgreSQL terbanyak di Indonesia pada beragam sektor eksklusif seperti perbankan, finansial, industri, dan lainnya yang telah memahami performa tinggi PostgreSQL sebagai sistem database.

Pada kesempatan ini, Equnix hadir memperkenalkan budaya Indonesia dengan memberikan penutup kepala tradisional suku Jawa yakni blangkon kepada para peserta konferensi.

Melalui blangkon tersebut, Equnix ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia kini memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap ORDBMS open source dan masuk ke dalam jajaran negara-negara yang terlebih dahulu mengaplikasikan sistem database PostgreSQL seperti Amerika Serikat (AS) dan Jepang.



Sumber: BeritaSatu.com