Menkominfo Targetkan Proyek Palapa Ring Selesai Tahun Ini

Menkominfo Targetkan Proyek Palapa Ring Selesai Tahun Ini
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ( Foto: Beritasatu.com / Herman )
Herman / FMB Kamis, 11 Januari 2018 | 11:09 WIB

Jakarta - Di tahun 2018 ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan fokus pada penyelesaian penyediaan akses pitalebar (broadband) di Indonesia. Ditemui usai menghadiri perayaan delapan tahun Bukalapak, Rabu (10/1) malam, Menkominfo Rudiantara memastikan proyek Palapa Ring bakal rampung tahun ini. Untuk Paket Barat diperkirakan sudah mulai beroperasi pada akhir kuartal pertama 2018. Kemudian untuk Paket Tengah pada pertengahan 2018 akan rampung, sementara Paket Timur kemungkinan selesai di akhir tahun.

"Tahun ini, Palapa Ring rampung semua. Semeleset-melesetnya, kalau ada tantangan khususnya di Papua atau daerah timur, paling kuartal pertama 2019 selesai. Tapi intinya sudah selesai," ungkap Rudiantara.

Fokus Kemkominfo selanjutnya adalah menyediakan layanan 4G ke lebih banyak kota dan kabupaten. Targetnya pada 2019, layanan 4G sudah hadir di 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. "Sekarang ini baru ada di 300-an kota dan kabupaten, dan itu akan kita kebut semua," ujar menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Tidak hanya jaringan, Menkominfo juga terus mendorong sejumlah vendor ponsel untuk memproduksi ponsel 4G dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun saat ini sudah hadir ponsel 4G dengan harga Rp 1 juta, Rudiantara berharap harganya bisa lebih murah lagi.

Terkait keamanan internet, saat ini kewenangannya memang sudah dipindahkan ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Karenanya, ID SIRTII secara bertahap juga akan dipindahkan ke BSSN, sehingga masyarakat senantiasa terlindungi dari kemungkinan insiden cybersecurity.

"Untuk e-commerce juga terus kita dorong. Masih banyak pekerjaan rumah kita, kebijakan-kebijakan dalam mendorong peta jalan e-commerce yang nanti nilai digital ekonominya mencapai USD 130 miliar pada 2020," kata Rudiantara.

Tahun ini, Menkominfo juga berharap proyek high throughput satelit milik pemerintah sudah bisa direalisasikan. Harapannya sudah bisa ditetapkan siapa pemenang tender untuk merancang, membangun, meluncurkan dan mengoperasikan satelit tersebut.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE