Belanja Online Lewat Desktop Lebih Diminati

Belanja Online Lewat Desktop Lebih Diminati
Konferensi pers e-Commerce Talk Indonesia 2018 oleh iPrice Group dan Tech in Asia Indonesia, di Jakarta, 30 Januari 2018. ( Foto: Beritasatu Photo/Herman )
Herman / FER Selasa, 30 Januari 2018 | 19:28 WIB

Jakarta - Penggunaan perangkat mobile dari tahun ke tahun memang terus meningkat. Bahkan satu orang bisa memiliki lebih dari satu perangkat. Namun, hal ini tidak serta merta mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengakses toko online atau e-Commerce.

Dari hasil riset iPrice yang merupakan layanan perbandingan item antar toko online dan kupon belanja, nilai rata-rata pembelanjaan konsumen dari desktop cenderung lebih tinggi dibandingkan dari perangkat mobile. Temuan ini merupakan hasil dari jutaan sampel data yang dikumpulkan dari kuartal ketiga 2016 sampai kuartal kedua 2017.

"Jumlah conversion rate atau orang yang mengunjungi toko online dan melakukan transaksi di desktop 150 persen lebih tinggi dari conversion rate di mobile phone. Itu artinya orang Indonesia lebih suka melakukan transaksi lewat desktop," kata Senior Content Marketer iPrice Group, Andrew Prasatya, di JSC Hive Coworking Space, Jakarta, Selasa (30/1).

Dari data tersebut, Andrew menyimpulkan upaya para pemain di bisnis e-Commerce dalam mengembangkan aplikasi mobile mereka belum membuahkan hasil yang maksimal. Padahal selama ini pengembangan aplikasi mobile menjadi fokus utama. Bahkan sejumlah fitur hanya dihadirkan di aplikasi mobile.

Data lainnya menunjukkan, konsumen belanja online di Indonesia ternyata lebih senang berbelanja saat jam kerja. Dari jumlah sample order yang kumpulkan iPrice, puncak paling tinggi orang melakukan pemesanan barang adalah pada jam 11 siang. Sementara conversion rate paling tinggi terjadi pada hari Rabu.



Sumber: BeritaSatu.com