Alibaba Jalin Kesepakatan dengan Disney

Alibaba Jalin Kesepakatan dengan Disney
Alibaba.com (Sumber: linkedIn)
Feriawan Hidayat / FER Senin, 12 Februari 2018 | 17:19 WIB

Beijing - Salah satu anak usaha Alibaba Group Holding Ltd di bidang hiburan, dilaporkan telah menandatangani perjanjian lisensi dengan Walt Disney Co. Melalui kesepakatan tersebut, Alibaba akan menawarkan tayangan acara animasi Disney di platform video streaming Youku untuk kalangan konsumen di Tiongkok.

Pihak Alibaba dalam keterangan resminya, Senin (12/2) mengatakan, perjanjian lisensi yang ditandatangani antara Alibaba Digital Media and Entertainment Group dengan anak perusahaan Disney, Buena Vista International Inc, akan menyediakan lebih dari 1.000 episode tayangan acara Disney yang tersedia di platform video Youko, termasuk perangkat set up box (STB).

Kesepakatan ini terjadi, setelah Disney menghadapi hambatan dalam memasarkan konten televisi digital ke pasar Tiongkok. Pada tahun 2016, usaha konten online DisneyLife ditutup oleh pihak regulator Tiongkok kurang dari lima bulan setelah mulai beroperasi. Namun, alasan penutupan tersebut tidak dipublikasikan.

"Penambahan konten Disney sangat memperkaya koleksi konten internasional berkualitas di media dan ekosistem hiburan Alibaba, sekaligus memberi kami keunggulan dalam distribusi konten luar negeri di pasar Tiongkok," kata Yang Weidong, presiden Youku yang merupakan anak usaha Alibaba Digital Media and Entertainment Group.

Pihak Alibaba sendiri tidak mengungkapkan lebih jauh dari nilai kesepakatan yang mereka capai bersama Disney.

Menurut situs berita Alibaba, Alizila, platform Youku sendiri memiliki 580 juta perangkat dan mendapat sekitar 1,2 miliar viewer setiap harinya. Dikatakan, platform tersebut sudah memiliki kesepakatan lisensi serupa dengan Warner Bros, Paramount, Fox, NBCUniversal dan Sony Pictures Television.



Sumber: Reuters, Asiaone
CLOSE