Intip Perilaku Belanja Online Generasi Milenial saat Valentine

Intip Perilaku Belanja Online Generasi Milenial saat Valentine
Ilustrasi belanja online ( Foto: Istimewa )
Herman / FER Senin, 12 Februari 2018 | 20:30 WIB

Jakarta - Hari Valentine yang diperingati setiap tanggal 14 Februari ternyata masih menarik perhatian generasi milennial. Dari survei 'Pola Perilaku Belanja untuk Valentine' yang dilakukan ShopBack, sebanyak 54,9 persen responden mengaku akan membelikan hadiah untuk pasangannya untuk Hari Valentine.

Survei ini dilakukan secara online terhadap lebih dari 1.100 responden dengan rentang usia 18-38 tahun di Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar.

Co-Founder dan Country Head of ShopBack Indonesia, Indra Yonathan, mengatakan, pola perilaku belanja masyarakat Indonesia pada saat merayakan hari-hari spesial seperti Valentine memang mulai bergeser dari offline ke online.

Berdasarkan survei yang diakukan ShopBack, sebelum e-commerce marak di Indonesia, sebanyak 74,1 persen responden biasanya membeli hadiah untuk Valentine di toko offline, dan 25,6 persen selalu membeli hadiah Valentine di toko online.

Dengan maraknya e-commerce serta didukung dengan infrastruktur yang memadai, masyarakat sudah mulai beralih membeli hadiah untuk Valentine secara online. Bahkan, sebanyak 47,7 persen responden mengaku dengan adanya toko online (e-commerce), mereka semakin sering membeli barang untuk hadiah Valentine. Adapun barang-barang yang paling banyak dibeli secara online adalah cokelat (45,8 persen), voucher makanan di restoran mewah (32,5 persen) dan boneka (19,9 persen).

Tidak dapat dipungkiri Hari Valentine masih identik dengan cokelat. Berdasarkan survei ShopBack, lebih dari setengah responden (50,4 persen) mengaku lebih menyukai cokelat sebagai hadiah valentine di tahun ini. Selain cokelat, generasi milenial Indonesia juga menyukai hadiah berupa makan di tempat romantis (33,2 persen), cincin berlian (23,6 persen), boneka (17,1 persen), sekuntum bunga (15,2 persen) dan kosmetik (13,9 persen).

Untuk pembelian kado Valentine, 45,2 persen responden mengaku sudah mulai membeli kado dari 4-7 hari sebelum hari Valentine, 21,3 persen tiga hari sebelumnya, dan 18,3 persen untuk sehari sebelumnya.

Survei ini juga melihat berapa rata-rata nominal yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk merayakan hari Valentine. Dari survei ditemukan bahwa rata-rata keseluruhan responden menghabiskan Rp 456.000 untuk membeli hadiah Valentine.



Sumber: BeritaSatu.com