Purwarupa televisi transparan dengan teknologi TOLED dari Loewe. (Daily Mail)
Purwarupa televisi transparan dengan teknologi TOLED dari Loewe. (Daily Mail)
Televisi dengan teknologi TOLED itu memiliki panel tembus pandang yang terlihat seperti kaca saat dimatikan.

Adalah Loewe, perusahaan elektronik yang berbasis di Kronach, Jerman yang telah memiliki teknologi TOLED tersebut. TOLED sendiri kependekan dari Transparent Organic Light Emitting Diode.

Dimana berbeda dengan teknologi LED (Light Emiting Diode), TOLED memiliki lapisan electroluminescent yang memancarkan cahaya untuk merespon aliran listrik. Lapisan ini terbuat dari semikonduktor organik yang diletakkan diantara dua elektroda.

TOLED ini akan terlihat seperti kaca biasa saat televisi itu tak dinyalakan, alias transparan.

Kendati teknologi TOLED sudah ada saat ini, prototip televisi transparan Loewe itu sudah dipamerkan pada kompetisi iF konsep desain 2011 lalu, cukup sulit untuk menerapkannya dengan ukuran televisi yang umum beredar pada saat ini.

"Sebagai televisi pertama pada jenisnya, Loewe Invisio memperkenalkan inovasi teknik yang mengkombinasikan LCD konvensional dengan teknologi TOLED termutakhir. Teknologi ini memungkinkan gambar non-transparan atau solid bergerak yang kaya warna serta jangkauan kontras yang tajam dari hitam pekat hingga putih," papar Michael Friebe, desainer televisi TOLED dari Loewe.

Penulis: