Pesawat ulak-alik antariksa Endeavour dipandu Boeing 747 saat mau mendarat di Bandara LA International, California, Jumat (21/9).
Pesawat ulak-alik antariksa AS Endeavour terbang melakukan penerbangan terakhir kali pada Jumat minggu lalu.

Endeavour melakukan sejumlah aksi spektakuler mengarungi wilayah California.

Dengan menggunakan pesawat khusus Boeing 747, Endeavour melintasi jembatan Golden Gate San Fransisco sebelum melewati papan nama Hollywood dan Disneyland sebelum mendarat di Bandara LA International.

"Itu sangat keren, tapi sangat sayang (Endeavour pensiun)," ujar Todd Unger, 28, yang merupakan satu dari ribuan warga yang sampai harus memasang tenda sejak pagi di Griffith Observatory untuk melihat penerbangan bersejarah ini.
 
"Ini akhir sebuah era. Tapi ini masih menunjukkan apa yang Amerika perbuat, kami sangat bangga," paparnya menambahkan sambil mengibarkan bendera Amerika Serikat saat pesawat antariksa itu melintasi Hollywood Hills.

Ratusan mobil berjejer parkir di sejumlah ruas jalan untuk menyaksikan penerbangan terakhir Endeavour.

Setelah atraksi itu, pesawat diinapkan di Edwards Air Force Base, di utara Los Angeles, sebagai bagian dari perjalanan dua hari melintasi wilayah AS dari Kennedy Space Center di Florida.

Setelah tiba Jumat siang, pesawat ulak-alik itu diparkir dulu selama beberapa minggu di hanggar United Airlines di Bandara LA sebelum dipindahkan ke California Science Center. Menurut rencana, pesawat antariksa yang merupakan generasi akhir dari Columbia itu akan dipamerkan ke publik pada 30 Oktober mendatang.  

Endeavour, telah terbang hingga 115 juta mil selama dua dekade kariernya. Terakhir pesawat ini melakukan misinya pada tahun lalu.


Penulis: