Samsung Chromebook
Terinspirasi dari MacBook Air

Google tampaknya semakin serius mengembangkan bisnisnya ke peranti keras, tidak hanya bermain di platform mobile, mesin pencari, dan iklan internet. Buktinya menggandeng Samsung, Google meluncurkan laptop Chromebook yang hanya dihargai US$249 atau sekitar Rp.2,4 juta.

Laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome, yang berbasis pada browser Chrome, menurut situs teknologi CNet tampak mengambil inspirasi dari MacBook Air. Kecuali harganya yang murah, laptop itu punya ketebalan 2,03 cm, bobot 1,13 kg, dan layar 11,6 inci.

"Ini adalah komputer terbaik yang pernah dirancang dengan harga semurah ini." kata Sundar Pichai, wakil presiden senior Chrome dan Google Apps, "Kami menyebutnya Samsung Chromebook."

Laptop itu punya baterai yang bisa bertahan selama enam jam, kapasitas hard disk 100 GB, prosesor ARM Cortex-A15 atau Exynos 5 Dual dari Samsung.

Google mengatakan laptopnya itu dirancang untuk menjalankan aplikasi berbasis web seperti Google Mail atau Calender and Docs seiring dengan harapan Google untuk menggeser pengembangan software ke layanan komputasi awan, bukan lagi yang berbasis sistem operasi Microsoft.

"Kami akan fokus untuk membantu para pengguna hidup di 'awan'," imbuh Pichai.

Berikut adalah spesifikasi dari Chromebook:

Ukuran layar: 11.6-inci
Display: 1366x768 resolution; 200nit brightness
Bobot: 1,3 kg
Battery Life: 6,3 jam
Processor: Samsung Exynos 5250
Memory: 2GB
Storage: 16GB SSD
Ports: 1 USB 3.0, 1 USB 2.0, combo headphone/mic jack, secure digital memory slot
Speaker: 1.5W speaker X 2
Keyboard: Full-size Chrome keyboard
Wireless: 802.11 abg/n 2x2

Penulis: