Jokowi, Gangnam Style, dan Noah masuk dalam daftar pencarian terpopuler.

Google menggumumkan daftar Zeitgeist, dalam bahasa Jerman berarti  "semangatnya suatu zaman” atau “spirit of the times”. Daftar dibuat berdasarkan pendataan terhadap lebih dari satu triliun permintaan pencarian yang di terima Google setiap tahun.

Daftar ini melihat kembali tahun 2012 melalui berbagai mata di dunia internet serta menawarkan perspektif unik pada berbagai peristiwa terbesar dan tren terpanas tahun ini berdasarkan pencarian Google yang dilakukan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Daftar hasil pencarian tahun ini untuk Indonesia menunjukkan besar minatnya pengguna internet terhadap musik, terutama band-band lokal. Enam istilah pencarian (atau search queries) dalam daftar 10 pencarian terpopular di Indonesia berkaitan dengan musik, dipimpin dengan lagu yang mengguncang Indonesia (dan dunia) enam bulan terakhir ini, Gangnam Style dan Noah.

Tomcat, serangga yang telah menyebabkan banyak bencana masuk sebagai peringkat ketiga, diikuti oleh boyband asal Indonesia Coboy Junior dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang dikenal sebagai ‘Jokowi' melengkapi daftar posisi 5 teratas. Acara Indonesian Idol masih menjadi acara populer di TV, sebagai nomor 6 dalam jumlah total pencarian untuk tahun 2012, diikuti oleh girlband Cherry Belle dan penyanyi Ayu Ting Ting.

Jatuhnya Sukhoi Superjet 100 pada bulan Mei adalah peristiwa penting pada tahun 2012 dimana banyak orang di seluruh negeri mengikuti beritanya. Nomor 10 datang sebagai sebuah kejutan, mengacu pada film cerita horor yang diproduksi secara lokal "Nenek Gayung", menceritakan kisah seorang nenek yang menghantui orang-orang karena tidak dikubur secara semestinya setelah dia meninggal.

“Google Zeitgeists tahun ini menunjukkan pertumbuhan yang tinggi dan berkelanjutan dari penggunaan internet di Indonesia. Masuknya istilah pencarian lokal seperti Pak Jokowi, band musik Noah dan Persib Bandung menunjukkan bahwa banyak orang Indonesia menggunakan Google sebagai sarana untuk mencari berita dan informasi terbaru, belajar mengenai tokoh dan produk yang menarik serta menemukan hal-hal yang baru," ujar Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia.

TOKOH
Gubernur terpilih DKI Jakarta Joko Widodo yang dikenal dengan nama Jokowi, menjadi tokoh Indonesia yang paling banyak dicari di tahun 2012, mengungguli penyanyi yang sedang populer Ayu Ting Ting. Whitney Houston, yang meninggal secara tiba-tiba pada bulan Februari lalu dan mengguncang dunia, masuk dalam urutan ketiga diikuti oleh Adele dan Budi Doremi  Hanya dua politisi, Joko Widodo dan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan pada nomor 10, berhasil masuk dalam daftar yang di penuhi tokoh-tokoh dunia entertainment.

MUSIK
Grup musik atau penyayi terpopuler adalah Noah, di ikuti boyband asal indonesia yang sedang naik daun Coboy Junior, girlband Cherry Belle, Ayu Ting Ting dan band pop Blink.  Ini menunjukan cinta Indonesia kepada musisi lokal. Hal ini juga terlihat dalam lagu-lagu yang paling populer dicari di Google.  Selain lagu Gangnam Style milik PSY dari Korea, pencarian musik terpopuler lainnya datang dari Indonesia dengan lagu “Separuh Aku” dari Noah, “Iwak Peyek” yang dinyayikan oleh Trio Macan, “Hargai Aku” oleh Armada, dan lagu dengan judul “Sayang” yang dinyayikan oleh Ungu.

OLAHRAGA
Sebagai negara yang terkenal fanatik dengan sepak bola, tidak mengherankan kalau pencarian terdepan untuk olahraga terkait dengan sepak bola. Tetapi bukan klub ternama yang ada di benua Eropa yang menjadi pencarian terpopuler, namum PERSIB Bandung, klub kebanggan Kota Kembang ini menjadi klub sepak bola terpopuler di atas Manchester United, Arsenal, AC Milan dan Juventus.

Pencarian Terpopuler Indonesia
1 Gangnam Style         
2 Noah  
3 Tomcat          
4 Coboy Junior 
5 Jokowi
6 Indonesian Idol          
7 Cherry Belle   
8 Ayu Ting Ting
9 Sukhoi
10 Nenek Gayung

Tokoh Terpopuler
1 Jokowi
2 Ayu Ting Ting
3 Whitney Houston        
4 Adele 
5 Budi Doremi  
6 Ade Namnung
7 Eza Gionino  
8 Judika
9 Sheila Marcia
10 Dahlan Iskan

Tim Olahraga Terpopuler
1 Persib Bandung         
2 Manchester United    
3 Arsenal
4 AC Milan
5 Juventus
6 Persija
7 Sriwijaya FC
8 Inter Milan
9 Manchester City
10 Barcelona FC

Video Google Zeitgeist 2012 Internasional


Penulis: