Ilustrasi: Roket Pengorbit Satelit LAPAN
Tim survei dari Lapan sedang mengembangkan RPS yang didesain dan dibuat mandiri.

Tim dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyurvei sejumlah lokasi di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, untuk dijadikan tempat peluncuran Roket Pengorbit Satelit (RPS) pada 2013.

Sekretaris Bappeda Pulau Morotai Iskandar Latuconsina ketika dihubungi dari Ternate, kemarin, mengatakan bahwatim Lapan telah melakukan survei tempat di wilayah Kabupaten Pulau Morotai, dalam rangka persiapan peluncuran roket.

Menurut dia, tim survei dari Lapan yang dipimpin Prof Dr Ing Soewarto Hardhienata sedang mengembangkan RPS yang didesain dan dibuat secara mandiri untuk mengorbitkan satelit buatan sendiri.

Sejak 2008, secara bertahap upaya untuk mewujudkan RPS telah dilakukan. Hingga kini Lapan telah berhasil meluncurkan RX-320 pada (19/05/2008) dan RX-420 pada (2/7/2009) di stasiun Uji Terbang Pameungpeuk, Jabar.

Lapan juga melakukan uji statis RX-550 pada tahun 2011 dan 2012. Uji statik merupakan pengujian di darat untuk mengetahui kinerja dan daya dorong roket saat akan tinggal landas.

Dia menjelaskan, untuk lokasi uji terbangnya Lapan berkeinginan melakukan kerja sama dengan Pemda Morotai. Selain itu untuk program pengembangan RPS, Lapan juga telah selesai merancang bangun dan menguji satelit Lapan-A2 pada tahun 2012 ini.

"Satelit ini siap diluncurkan pada 2013 di stasiun peluncur di luar negeri. Saat ini Indonesia belum mempunyai bandar antariksa dan wahana peluncur satelit, sehingga satelit buatan Indonesia masih diluncurkan dengan menggunakan wahana peluncur dari negara lain.

Dia mengatakan, di dunia tercatat beberapa negara yang mampu meluncurkan satelit sendiri, termasuk mampu membuat kendaraan peluncur antara lain Rusia, Amerika Serikat, Perancis, Jepang China, India, Israel, Dan Ukraina.

Sedangkan untuk Indonesia nantinya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam penguasaan tekhnologi roket pengorbit satelit, dan kelak mempunyai bandar antariksa untuk meluncurkan roket buatan sendiri.

Penulis:

Sumber:Antara