Zapata Hindarkan Milan dari Kekalahan dalam Derby i

Stiker Inter, Mauro Icardi (kiri) dikawal bek AC Milan, Cristian Zapata dalam laga Seri A, Sabtu, 15 April 2017.

Oleh: Jaja Suteja / JAS | Sabtu, 15 April 2017 | 19:45 WIB

Milan - Inter gagal mempertahankan keunggulan dan hanya memetik hasil seri 2-2 saat menjamu AC Milan pada laga lanjutan kompetisi Serie A, Sabtu (15/4), di Stadion Giuseppe Meazza.

Nerazzurri sempat unggul melalui gol yang dilesakkan Antonio Candreva dan Mauro Icardi pada babak pertama. Namun pada babak kedua Milan bangkit. Uniknya, gol-gol Milan dilesakkan oleh pemain belakang. Mereka menyamakan kedudukan berkat gol Alessio Romagnoli dan Cristian Zapata.

Hasil ini membuat Inter gagal mewujudkan ambisi menaklukkan Milan sekaligus melompati mereka di klasemen. Milan tetap bertengger di posisi keenam dengan koleksi 58 unggul dua poin atas Inter yang bertengger satu tingkat di bawahnya.

Musim ini tak ada tim yang menjadi penguasa Kota Milan. Pasalnya, dalam pertemuan pertama musim ini kedua tim juga bermain imbang 2-2, pada November 2017 lalu.

Inter mencetak gol pertamanya pada menit ke-36, melalui aksi Candreva. Tampilnya Roberto Gagliardini yang telah pulih dari cedera kembali menghidupkan serangan pasukan Stefano Pioli.

Mantan pemain Atalanta ini berhasil melepaskan umpan bagus melewati lini pertahanan ke area penalti. Bola kemudian mengarah kepada Candreva. Pemain sayap ini lalu melepaskan tendangan voli melengkung yang melewati kiper Milan, Gianluigi Donnarumma.

Inter yang bertindak sebagai tuan rumah menambah keunggulan pada menit ke-44. Ivan Perisic dengan mudah berhasil melewati Calabria dan merangsek masuk pertahanan lalu melepaskan umpan silang ke depan gawang dan tepat datang ke Mauro Icardi yang berdiri bebas.

Tanpa buang waktu penyerang Argentina ini lalu melepaskan tendangan yang menjebol gawang Milan. Ini adalah gol pertama Icardi dalam partai derby Milan.

Memasuki babak kedua Milan berupaya bangkit untuk bisa menyamakan kedudukan. Pada menit ke-53, sebuah umpan silang yang diawali sepak pojok disambut dengan tendangan sambil membalikkan badan yang dilakukan Juraj Kucka. Namun kiper Inter, Samir Handanovic dengan cekatan mengamankan bol.

Namun tiga menit kemudian Inter nyaris menambah keunggulan. Icardi merangsek dari sisi kiri lalu melepaskan umpan kepada Perisic. Pemain Kroasia ini menyambutnya dengan tendangan first-time namun meluncur tepat di tangan kiper Donnarumma.

Milan sebenarnya memiliki peluang pada menit ke-60 dan 66. Namun tendangan striker Carlos Bacca berhasil diblok Yuto Nagatomo. Enam menit kemudian Handanovic kembali menyelamatkan timnya dari kebobolan saat menggagalkan tendangan Deulofeu.

Upaya Milan mencetak gol baru terwujud pada menit ke-83 melalui aksi Alessio Romagnoli. Gol berawal dari aksi Suso yang merangsek dari sisi kanan lalu melepaskan umpan silang. Upaya keras Romagnoli menjangkau bola berhasil dan menjebol gawang Handanovic.

Milan tampil luar biasa menjelang menit-menit terakhir. Di pengujung laga upaya keras pasukan Vincenzo Montella akhirnya menghasilkan gol yang menyamakan skor berkat aksi Zapata.

Aksi Deulofeu menghasilkan sepak pojok untuk Milan. Bola umpan dari tendangan sudut ini kemudian disambut oleh Manuel Locatelli yang mengumpan bola dengan sundulan kepada Zapata. Bek asal Kolombia ini berhasil merobek gawang Inter dan mencetak gol yang menghindarkan timnya dari kekalahan. Tak berapa lama wasit meniupkan peluit panjang.

Susunan pemain:

Inter (4-2-3-1): 1. Samir Handanovic; 33. Danilo D'Ambrosio, 17. Gary Medel, 25. Miranda, 55. Yuto Nagatomo; 5. Roberto Gagliardini, 7. Geoffrey Kondogbia; 87. Antonio Candreva (11. Jonathan Biabiany 90+1), 6. Joao Mario (24. Jeison Murillo), 44. Ivan Perisic (23. Éder 68); 9. Mauro Icardi

Milan (4-3-3): 99 Gianluigi Donnarumma; 96 Davide Calabria (11 Lucas Ocampos 80), 17 Cristian Zapata, 13 Alessio Romagnoli, 2 Mattia De Sciglio; 33 Juraj Kucka (73 Manuel Locatelli 57), 23 José Sosa (9 Gianluca Lapadula 75), 14 Matías Fernández; 8 Suso, 70 Carlos Bacca, 7 Gerard Deulofeu.




Sumber: Sportinglife
ARTIKEL TERKAIT