BPJS Kesehatan Gelar Pekan Deteksi Kanker Serviks

Pihak BPJS Kesehatan Jakarta Utara melakukan sosialisasi gerakan pekan deteksi kanker serviks di RPTRA Manunggal Juang, 13 Juli 2017. (BeritaSatu Photo/Carlos Roy Fajarta)

Oleh: Carlos Roy Fajarta / FER | Kamis, 13 Juli 2017 | 22:48 WIB

Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Utara (Jakut) menetapkan pekan sosialisasi kanker serviks sejak Kamis (13/7) hingga akhir Juli 2017.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan minat dari masyarakat untuk peduli terhadap pola hidup sehat dan mengenal resiko penyakit yang biasa diidap kaum hawa.

"Kita teruskan upaya promotif preventif dengan mendeteksi dini kanker serviks bagi peserta JKN KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat) di Jakarta Utara," ujar Kepala BPJS Kesehatan Jakut, Elisa Adam, di RPTRA Manunggal Juang, Cilincing, Kamis (13/7).

Elisa menyebutkan, sosialisasi akan dilakukan di tempat yang ramai diakses olah warga seperti RPTRA karena merupakan lokasi favorit untuk berinteraksi, anak bermain, hingga olah raga.

"Pemeriksaan kanker serviks sekarang juga sudah termasuk layanan yang dicakup BPJS Kesehatan, jadi peserta perempuan dapat ditangani secara dini dengan screening sesuai prosedur," katanya.

Pasalnya, lanjut Elisa, apabila kanker serviks baru terdeteksi saat sudah memasuki stadium lanjut maka pengobatan jauh lebih beresiko terhadap kesehatan peserta BPJS Kesehatan yang didominasi ibu-ibu rumah tangga.

"Pemeriksaan prosesnya sangat sederhana yang memiliki tingkat akurasi tinggi, aman, dan nyaman bagi kaum perempuan. Kita akan berdayakan RPTRA sebagai tempat sarana sosialisasi demi kesehatan masyarakat," tandas Elisa.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT