Simpang Susun Semanggi Resmi Beroperasi

Presiden Joko Widodo (keempat kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kiri), Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (tengah) beserta istri, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri), Dirut PT Wika Bintang Perbowo (ketiga kanan) dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (kanan) meresmikan Simpang Susun Semanggi di Jakarta, 17 Agustus 2017. (Antara/Puspa Perwitasari)

Oleh: Deti Mega Purnamasari / YUD | Kamis, 17 Agustus 2017 | 20:49 WIB

Jakarta - Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, setelah diresmikan, Simpang Susun Semanggi sudah langsung bisa dilintasi oleh kendaraan.

"Malam ini langsung dibuka. Sudah boleh lewat semua. Rambu sudah terpasang semua dan jelas," kata Sigit usai peresmian Simpang Susun Semanggi di kawasan Semanggi, Kamis (17/8).

Ia mengatakan, dari uji coba yang dilakukan beberapa waktu lalu, hasil evaluasinya diketahui memang banyak warga yang masih bingung akan rute tersebut, tetapi tidak signifikan.

"Prosentase keberhasilan lebih dari 90 persen. Kami taruh penempatan petugas juga di on dan off ramp," katanya.

Dengan jadinya Simpang Susun Semanggi, maka kemacetan di sekitar Semanggi diperkirakan akan terurai hingga 30 persen. Ke depan, katanya, pihaknya juga akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas.

Salah satu rekayasa lalu lintas yang sedang dikoordinasikan adalah pengalihan pintu off ramp tol di depan Gedung DPR dan MPR yang akan dibalik menjadi pintu masuk. Sebab selama ini pintu off ramp tol tersebut merupakan pintu keluar dari tol.

"Itu untuk menambah bukaan di Semanggi. Akses masuk ke tol jadi pintu tol semanggi bertambah sehingga menambah kapasitas masuk. Jadi yang di sini (jalan layang) bisa lancar," katanya.

Saat ini, katanya, pihaknya tengah mengomunikasikan rencana tersebut dengan Badan Pengatur Jalan Tol. Pengubahan ini juga akan memotong buntut masuk tol ke Semanggi sehingga tidak panjang.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT