52.521 Hewan Kurban di Jakarta Dinyatakan Sehat

Ilustrasi hewan kurban. (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Oleh: Lenny Tristia Tambun / PCN | Sabtu, 26 Agustus 2017 | 12:40 WIB

Jakarta – Untuk mengantisipasi permintaan dan pemotongan hewan kurban untuk memperingati Idul Adha 2017 yang jatuh pada hari Jumat (1/9), Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta telah melaksanakan pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban.

Kepala Dinas KPKP DKI, Darjamuni mengatakan pelaksanaan pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban dilakukan berdasarkan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 98 Tahun 2017.

“Untuk itu, kami telah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait dan Pemerintah Daerah pemasok perihal pelaksanaan pemasukan dan pemotongan hewan kurban di wilayah Provinsi DKI Jakarta tertanggal 7, 16, dan 18 Agustus 2017,” kata Darjamuni, Sabtu (26/8).

Sampai dengan tanggal 25 Agustus 2017, Dinas KPKP DKI telah dilakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan dan pengambilan sampel darah di tempat penampungan hewan di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Untuk hewan yang dinyatakan sehat diberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan. Jumlah hewan yang telah diperiksa sebanyak 52.521 ekor di 736 tempat penampungan hewan kurban. Terdiri dari 18.264 ekor sapi, 719 ekor kerbau, 31.158 ekor kambing, dan 2.380 ekor domba.

“Tidak hanya itu, kami juga telah memberikan bimbingan teknis tata cara pemotongan hewan kurban juga kepada 631 orang panitia pelaksana pemotongan hewan kurban dan pengurus masjid di lima wilayah Kota Administrasi dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sebanyak 95 orang,” jelasnya.

Untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya konsumen daging kurban, lanjutnya, maka akan dikerahkan 817 orang tenaga pemeriksa kesehatan hewan.

Mereka terdiri dari, petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta sebanyak 100 orang, Petugas dari Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu sebanyak 325 orang, dan tenaga pemeriksa dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB sebanyak 300 orang.

Juga dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jakarta sebanyak 50 orang, Petugas Kementerian Pertanian 25 orang.

"Mereka akan membantu melayani pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta, mulai H-10 sampai dengan H+3,” tuturnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT