Sandiaga Tugaskan Dishub DKI Bangun TOD di Terminal Kampung Rambutan

Sandiaga Tugaskan Dishub DKI Bangun TOD di Terminal Kampung Rambutan
Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / CAH Jumat, 19 Januari 2018 | 13:21 WIB

Jakarta – Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno memberikan tugas kepada Dinas Perhubungan (Dishub) DKI untuk membangun kawasan Transit Oriented Development (TOD) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Hal itu dinyatakannya seusai berlari bersama dengan Kepala Dishub DKI, Andri Yansyah dengan jajarannya dari rumah kediaman Sandiaga ke kantor Dinas Teknis Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (19/1).

“Saya ada catatan penting. Saya beri tugas ke Pak Kadishub untuk membangun TOD di Terminal Kampung Rambutan. Pembangunan TOD dipimpin oleh Dishub,” kata Sandiaga di gedung Dinas Teknis Jatibaru.

Ia ingin Terminal Kampung Rambutan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, yaitu Light Rail Transit (LRT) Kampung Rambutan. Luas lahan di Terminal Kampung Rambutan, menurutnya, mencapai 14 hektare. Sehingga juga bisa dibangun rumah dengan uang muka (down payment – DP).

“Saya minta Pak Kadishub dan jajarannya bekerja sama dengan BUMN, BUMD dan swasta lain yang bisa membantu merealisasikan. Paling engggak rencananya bisa dimatangkan satu dua bulan ke depan dan bisa dipresentasikan untuk diputuskan oleh pimpinan,” ujarnya.

Diharapkan dengan adanya pembangunan TOD Terminal Kampung Rambutan, selain dapat menciptakan sekitar 12 ribu lapangan kerja baru, juga dapat mengatasi permasalahan kemacetan lalu lintas.

“Karena akan tersambung dengan LRT, Transjakarta dan moda transportasi lainnya. Saya perkirakan 12 ribu lapangan pekerjaan bisa tercipta di Kampung Rambutan. Karena TOD salah satu yang paling massive. Saya minta tolong Pak Kadis difinalisasikan,” paparnya.



Sumber: BeritaSatu.com