Bus Baru Transjakarta Jadi Unggulan

Bus Baru Transjakarta Jadi Unggulan
Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono memperlihatkan lantai rendah yang dimiliki oleh bus baru Transjakarta, Selasa (13/2/2018). ( Foto: Suara Pembaruan / Bhakti Hariani )
Bhakti Hariani / BW Selasa, 13 Februari 2018 | 22:38 WIB

Semarang- Bus baru milik PT Transportasi Jakarta (Transakarta) kini lebih nyaman. Sejumlah keunggulan baru dibuat untuk 101 bus yang tengah dirakit di PT Karoseri Nusantara Gemilang di Jalan Raya Kudus-Demak, Jawa Tengah.

Bus baru tersebut kini menjadi lebih mudah diakses dengan menggunakan lantai bus yang rendah dan dilapisi karpet khusus standar transportasi massal. Lantai ini tidak licin dan juga tidak kesat. Bus juga telah mengadopsi sistem suspensi yang nyaman.

Direktur Teknik PT Transportasi Jakarta Wijanarko mengatakan, lantai rendah ini membuat penumpang tidak kesulitan saat harus menaiki bus. Tidak hanya itu, jenis low entry ini juga ramah bagi para penyandang disabilitas.

"Ada jembatan yang bisa diluncurkan untuk membantu para penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. Jadi nanti ada tombol yang bisa dipencet dan petugas kami akan membantu untuk membukakan jembatan tersebut jika penyandang disabilitas akan naik," ujar Wijanarko yang akrab disapa Koko, Selasa (13/2).

Para penyandang disabilitas juga dapat duduk dengan nyaman karena terdapat sandaran yang membuat mereka nyaman. Fasilitas ini tersedia untuk dua orang penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Bagi para penumpang lainnya, bangku yang disediakan juga tidak keras dan penumpang dapat duduk nyaman meski duduk dalam jangka waktu lama.

Sejumlah fasilitas lain yang biasa hadir di bus Transjakarta terdahulu juga hadir di bus baru ini. Misalnya adalah satu unit televisi, peralatan pemadam kebakaran, dan juga sejumlah alarm.

Pemilik Karoseri Nusantara Gemilang, Christian Nathanael mengatakan, sejumlah teknologi yang diciptakan untuk bus baru Transjakarta ini memang wujud komitmen untuk menghadirkan sarana transportasi publik yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan.

Diungkapkan, perancangan dan perakitan bus Transjakarta ini sepenuhnya dilakukan oleh anak bangsa dan diaspora Indonesia yang telah memiliki pengalaman melakukan perakitan sejenis di luar negeri.

"Mereka ini berkomitmen untuk kembali ke Indonesia untuk menghadirkan sarana transportasi yang nyaman di Indonesia," kata Nathanael.

Dengan pemanfaatan teknologi dan material yang tepat guna untuk menghadirkan sarana transportasi yang berkelas dunia bagi masyarakat pengguna jasa transportasi di Indonesia, Karoseri Nusantara Gemilang berharap dunia transportasi di Tanah Air dapat sejajar dengan negara-negara lain yang juga tengah berupaya mewujudkan sarana transportasi yang dapat aman, nyaman, dan ramah lingkungan.

"Semoga kami dapat berperan untuk mewujudkan sarana transportasi yang dapat diandalkan oleh warga Jakarta," tutur Nathanael.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE