Ini Tanggapan Ahok dan Anies Soal Gugatan "Jomblowan"

Cuplikan video "Jomblo Gugat Cagub Jakarta" di situs Opini.id. (Opini.id)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Sabtu, 15 April 2017 | 15:14 WIB

Jakarta - Dua calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan rupanya tergerak oleh sebuah video yang berisi keluhan dan "gugatan" seorang pria jomblo di situs Opini.id, yang mengatakan dua kandidat itu tidak punya program untuk orang-orang seperti dia.

Meskipun menanggapi dengan sama-sama tersenyum dan sama-sama mengklaim program mereka cukup ramah untuk kaum bujangan, ada sedikit perbedaan antara Anies dan Ahok dalam menjawab.

Anies sedikit lebih serius ketika memaparkan program OK OCE bisa membantu para bujangan lebih mudah mendapatkan jodoh, dan bahwa dia memperhatikan "rintihan para jomblowan dan jomblowati di Jakarta".

Pertama, dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus, para bujangan bisa menuntaskan pendidikan dan dengan demikian lebih menawan di mata orang yang diincarnya.

Kedua, program OK OCE akan membantu mereka menjadi pengusaha, sehingga bisa punya penghasilan lebih baik "dan bisa nraktir gebetan".

Kemudian, membantu pembelian rumah dengan uang muka nol rupiah, dan kalau sudah punya rumah bisa "tampil lebih meyakinkan di depan calon mertua".

Yang unik, Anies menjanjikan Kartu Jakarta Jomblo (KJJ), yang memungkinkan para jomblo mendapat diskon perawatan rambut dan diajari cara menulis surat cinta. Pada bagian ini Anies tertawa geli sendiri.

Terpisah, Ahok memberi tanggapan dengan lebih santai dan terus tersenyum ketika mengatakan itu.

Kata Ahok, pemerintah provinsi yang dipimpinnya telah membangun banyak taman terbuka agar para jomblo bisa bertemu. Termasuk Kalijodo yang sudah disulap dari wilayah kumuh lokalisasi menjadi taman kota kelas dunia.

"Harusnya di Jakarta itu tidak perlu stres, jadi jomblo pun menyenangkan hidupnya selama tidak macet dan banyak tempat yang bisa dikunjungi. Apalagi misalnya kayak Kalijodo, kali aja dapat jodoh di situ kan?" kata Ahok.

Pemprov dan pemerintah pusat juga sedang membangun Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) yang akan mempertemukan banyak orang. Kaum jomblo bisa menemukan jodoh saat menunggu atau naik MRT-LRT, tambahnya.

"Ada orang memang lebih suka jomblo, tapi jangan jomblo membuat Anda stres. Apalagi Jakarta punya taman yang banyak, punya tempat yang baik, pasti kamu ketemu jodoh."






Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT