VIDEO: Makin Parah, Rasis di Lapangan Hijau

Seorang pendukung sepak bola berlaku rasis kepada striker Manchester United Danny Welbeck. (youtube)

Oleh: | Minggu, 4 November 2012 | 17:25 WIB
Hukuman berat kepada pelaku rasis tak berarti. Sejumlah pemain masih saja kedapatan berlaku rasis di dalam lapangan hijau.

Peristiwa rasis di dalam dunia sepak bola kian mengkhawatirkan. Tak hanya semakin banyak, rasis juga telah mencederai sportifitas dalam sepak bola.

FIFA sebagai, induk sepak bola dunia pun geram. Lembaga yang dipimpin oleh Sepp Blater itu pun, tak canggung lagi dalam memberikan hukuman berat kepada pemain pelaku rasis.

Ironisnya, hukuman berat tersebut seolah tak berarti. Buktinya, sejumlah pemain masih saja kedapatan berlaku rasis di dalam lapangan hijau.

Berikut peristiwa-peristiwa rasis yang dirangkum oleh Beritasatu.com:  

1. Rasis fans Chelsea kepada striker Manchester United Danny Welbeck.


Peristiwa ini terjadi dalam laga Chelsea vs Manchester United, beberapa pekan lalu. Kala itu, fans Chelsea tertangkap kamera sedang melakukan tindak rasis kepada Danny Welbeck. Tak cuma mencaci maki, fans tersebut juga menirukan gerakan monyet untuk meledek Welbeck.



2. Rasis John Terry kepada Anton Ferdinand

Kapten Chelsea, John Terry melontarkan kata-kata rasis kepada pemain QPR, Anton Ferdindad. Atas tindakannya itu, Terry diskors selama empat laga dan didenda 220 ribu euro.



3. Rasis Belozoglu Emre kepada Didier Zokora

Didier Zokora mendapat tindakan rasis dari Belozoglu Emre dalam laga lanjutan liga Turki. Emre, kedapatan melontarkan perkataan tidak sopan yaitu "fucking nigga".



4. Roberto Carlos dilempar pisang

Dalam lanjutan laga Liga Rusia bek Anzhi Makhachkala, Roberto Carlos dilempari pisang oleh fans tim lawan, Krylya Sovetov. Carlso langsung meninggalkan lapangan karena kecewa atas tindakan yang ia dapatkan.



5. Rasis kepada Danny Rose

Danny Rose, pemain U-21 Inggris, mendapatkan tindakan rasis dalam laga kontra Serbia pada play off Euro U-21. Rose yang tengah mengambil lemparan ke dalam tiba-tiba dilempari batu oleh seorang fans Serbia.

Tak hanya itu, fans tersebut juga menirikan gerakan monyet untuk menghina Rose. Rose yang marah langsung menendang bola ke arah pendukung Serbia. Ia pun terkena kartu merah.



6. Neymar dilempar pisang

Dalam pertandingan Brazil melawan Scotland, striker tim Samba, Neymar dilempari pisang oleh pendukung tuan rumah. Tak cuma itu, Neymar pun mendapat banyakan cibiran bernada rasis kala membawa bola.

Beruntung Neymar tetap sabar dan tidak terpancing ulah pendukung tak bertanggung jawab itu. 

Usai laga, Neymar pun berkata bahwa dirinya senang mampu mencetak dua gol. Namun, ia mengaku sedih dengan adanya insiden rasis di lapangan.



Video di atas hanyalah secuil insiden rasis dalam sepak bola. Semoga para penggiat sepak bola, mulai dari suporter, ofisial dan pemain dapat semakin meningkatkan sportifitas dan tentunya mengharamkan rasis di lapangan hijau.



Sumber:
ARTIKEL TERKAIT