Andries Jonker

Wolfsburg Tunjuk Jonker Gantikan Ismael

Andries Jonker (AFP)

Wolfsburg - Wolfsburg akhirnya menunjuk Andries Jonker sebagai pelatih baru menggantikan Valerien Ismael yang dipecat. Ismael hanya diberi kesempatan mendampingi tim dalam 17 pertandingan. Dia didepak Minggu (26/2) setelah hanya memetik enam kemenangan dalam kurun waktu tersebut.

Wolfsburg merasa harus mengganti pelatih berusia 41 tahun itu lantaran posisi mereka yang kritis. Tim yang bermarkas di Volkswagen Arena tersebut kini bertengger di posisi ke-14 atau hanya dua tingkat di atas zona degradasi. Wolfsburg hanya unggul dua poin di atas Hamburg, tim teratas di zona degradasi. 

Sebelumnya, Jonker menjabat sebagai kepala akademi tim junior Arsenal. Tanda-tanda dia akan ditunjuk menjadi pelatih Wolfsburg terlihat setelah dia mundur dari jabatannya di salah satu klub top Inggris itu.

Wolfsburg juga bukan klub asing bagi lelaki berkebangsaan Belanda ini. Setelah tak lagi menjadi asisten pelatih di Bayern Muenchen membantu Lious van Gaal pada tahun 2012, dia hengkang ke Wolfsburg dengan status yang sama asisten pelatih dan ikut mengantar klub ini lolos ke semifinal Piala Jerman 2013.

Dia kemudian diangkat oleh Arsenal menjadi kepala akademi mulai musim 2014/15 menggantikan Liam Brady.

"Andries Jonker mengenal betul VfL Wolfsburg. Dia tetap melakukan kontak dengan klub ini bahkan setelah pindah ke London," kata Direktur Olahraga, Olaf Rebbe.

"Kedua faktor itu bakal penting dalam menyelesaikan masalah dengan cepat. Dia pelatih yang punya pengalaman internasional dan ahli taktik yang punya potensi mengembalikan Wolfsburg dengan cepat dan mantap," papar Rebbe.



Jaja Suteja/JAS

Goal