Inul Daratista salah satu pengisi acara MNCTV Festival di Semarang
Menjadi pelopor binis karaoke keluarga yang dimiliki artis.

Bisnis karaoke keluarga kini makin marak baik di kota besar maupun kota-kota lainnya. Karaoke menjadi salah satu hiburan alternatif bagi sebahagian kalangan. Selain dianggap murah meriah, sebagian orang menganggap karaoke sebagai sarana pelepas penat sehabis beraktivitas.

Lokasi yang mudah dijangkau serta harga sewa kamar yang relatif murah, membuat tempart karaoke banyak diserbu masyarakat, apalagi saat memasuki akhir pekan.

Dari banyaknya tempat karaoke keluarga yang tersebar di kota-kota besar dan kecil, ada beberapa tempat karaoke yang dimiliki oleh para artis. Tercatat pedangdut Inul Daratista menjadi pelopor bisnis karaoke di kalangan artis.


Berjuang dari nol

Inul mulai menjalani bisnis karaoke ini di awal tahun 2005. Berbekal dana yang minim, Inul membuka usaha karaoke keluarga di daerah kelapa gading, dengan 21 kamar. Inul sendiri memberi nama usahanya itu dengan namanya sebagai brand untuk mendongkrak bisnis karaokenya itu.

Inul mengaku tahu betul betapa tidak mudah memulai usahanya ini. Ia bahkan harus berjuang membesarkan nama Inul Vista, mulai dari pengurusan izin sampai pencarian lokasi. Namun usahanya itu kini berbuah manis.

Usaha bisnis karaoke Inul Vista kini maju pesat seiring makin banyaknya outlet Inul Vista yang tersebar di 33 provinsi dengan kurang lebih 125 outlet. Inul Vista saat ini, menjelma sebagai bisnis karaoke keluarga raksasa mengalahkan pendahulunya Happy Puppy, maupun Nav. setidaknya dari perbandingan jumlah outlet yang dimiliki.


Nama artis, jadi pemanis karaoke keluarga

Sejak saat itu pula banyak artis yang akhirnya membuka usaha serupa dengan Inul, lantaran keuntungan yang menjanjikan. Seakan tidak ingin dicap sebagai followers Inul Daratista, sejumlah artis enggan menggunakan nama mereka sebagai brand karaoke keluarga yang mereka kelola. Para artis itu kemudian mengelola tempat karaoke keluarga, seperti Rossa (dengan usaha karaoke bernama Diva), Maia Estianti (Alegro), Lyra Virna, hingga Didi Kempot.

Meski tidak menggunakan nama mereka sebagai brand, namun para artis tersebut selalu aktif dalam kegiatan promosi. Sehingga masyarakat pun mengenali tempat-tempat karaoke tersebut sebagai milik artis.

Menurut sebagian orang yang berkunjung ke tempat karaoke yang usahanya dimiliki artis, mereka tertarik datang kesana karena nama besar sang artis, bahkan sebagian kecil ada yang berharap bertemu dengan sang artis bila mengunjungi karaoke yang dimiliki artis.

Saat ini tempat karaoke keluarga menjelma menjadi salah satu alternatif hiburan bagi sebagian masyarakat. Terutama bagi orang yang memiliki sedikit waktu namun tetap membutuhkan hiburan. Bahkan terkadang saat ini, tempat karaoke kerap dijadikan untuk berbisnis dan ruang pertemuan alternatif.

Penulis: