Hilangnya motivasi dalam bekerja
Turunnya motivasi dalam bekerja bisa menurunkan kinerja sekaligus prestasi Anda.

Dengan meningkatnya alokasi pekerjaan yang dihadapi di kantor, wajar jika para pekerja kantor dalam suatu masa akan merasakan kelelahan dan kehilangan motivasi. Saat-saat seperti inilah sering kali karyawan kantor seolah turun kinerjanya.

Kehilangan motivasi dalam bekerja tidak hanya dialami ketika seorang pekerja dibebani banyak pekerjaan. Bisa saja karena situasi di kantor sudah tidak nyaman, atau memang bisnis sedang sepi.

Banyak faktor yang bisa mendorong orang kehilangan motivasi bekerja di kantor. Apa pun penyebabnya, kehilangan motivasi seharusnya segera diatasi supaya semangat bekerja bisa kembali lagi. Berikut enam caranya:

1. Ambil waktu jeda sejenak atau mengubah aktivitas.
Jika sebuah masalah sangat membebani Anda dan Anda sepertinya tidak bisa menemukan solusinya, coba berjaraklah dengan masalah itu dengan rehat sejenak atau mengerjakan aktivitas lainnya. Hal ini akan mendorong Anda untuk kembali menengok masalah tersebut dengan pikiran segar.

2. Manfaatkan kekuatan Anda dan olah kelemahan Anda.
Pastikan bahwa aktivitas dan pekerjaan yang Anda kerjakan adalah berangkat dari kemampuan Anda dan memang Anda nikmati. Dengan cara ini, Anda akan bekerja secara optimal. Kerjakan tugas-tugas yang sepertinya akan menghabiskan energi Anda, atau mulai latih seseorang yang bisa menggantikan pekerjaan tersebut sehingga Anda bisa berkonsentrasi pada pekerjaan yang bisa Anda kerjakan lebih baik.

3. Kenali waktu terbaik dalam sehari untuk Anda.
Identifikasi waktu dalam sehari ketika Anda bekerja paling optimal dan jadwalkan tugas paling penting untuk Anda kerjakan saat itu. Cara ini akan mendorong Anda memberikan perhatian penuh terhadap tugas itu. Misalnya jika Anda merasa paling optimal bekerja di pagi hari, lakukan tugas paling penting di saat pagi.

4. Lakukan aktivitas yang sejenis secara bersamaan.
Mengerjakan aktivitas sejenis secara bersama sering menjadi cara terbaik untuk menyelesaikan tugas, terutama jika Anda tidak menyukai mengerjakan tugas-tugas itu. Misalnya, jika Anda tidak menyukai tugas menelepon klien, lakukan semuanya dalam cara bersamaan, sehingga saat semuanya selesai secara bersamaan beban Anda terasa ringan.

5. Tingkatkan kesadaran diri.
Kenali hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian Anda dan coba mengeliminir atau setidaknya menguranginya saat bekerja. Misalnya jika Anda merasa gampang teralihkan perhatian saat ada notifikasi e-mail di komputer Anda, tutup program tersebut hingga Anda menyelesaikan seluruh pekerjaan.

6. Hargai diri sendiri.
Yang paling penting dari semua cara tersebut adalah menjadwalkan diri untuk menghargai diri sendiri dengan melakukan kegiatan di luar kantor supaya Anda bisa membangun kembali energi dan motivasi Anda.

Penulis: