Ilustrasi perempuan bekerja
Puasa sebaiknya tidak menjadi kendala untuk bekerja secara profesional.

Salah satu kendala dalam berpuasa adalah ketika Anda harus bekerja, terutama saat beban pekerjaan sedang penuh-penuhnya. Kondisi fisik yang menurun, mau tidak mau akan membuat konsentrasi dan kecepatan dalam bekerja menurun.

Untuk itu, Anda perlu mengatur cara bekerja Anda supaya puasa tidak mempengaruhi kinerja Anda. Intip tips berikut supaya puasa dan pekerjaan Anda tetap lancar.

1. Terorganisasi
Cobalah mulai membuat daftar apa saja yang akan dan harus Anda lakukan ketika di kantor. Buat semaunya menjadi terorganisir. Kalau Anda adalah orang yang selalu datang tepat waktu, coba lakukan pekerjaan di pagi hari ketika Anda masih semangat. Pastikan pekerjaan yang Anda mulai adalah yang proritas terlebih dahulu, sehingga Anda bisa mengemat waktumu untuk melangkah ke pekerjaan lainnya.

2. Ambil waktu istirahat
Daripada menghabiskan waktu Anda untuk berkirim email tentang humor atau gosip dengan teman kerja lebih baik gunakan waktu luang Anda untuk sedikit beristirahat, bsia dengan memejamkan mata selama 10 menit atau curi-curi pandang dengan gebetan di kantor. Bisa saja hal ini berfungsi untuk  mengisi ulang tenagamu dan membuat Anda kembaliproduktif bekerja.

3. Beres-beres meja kerja
Kalau meja kantor Anda sudah terlihat kotor dan menumpuk barang-barang tidak penting, mungkin ada baiknya merapikan meja kerja, pisahkan yang sudah tidak perlu dan buang tumpukan kertas agar tidak mengganggu. Tempelkan foto-foto atau pajanglah pernak-pernik di meja yang membuat meja jadi lebih enak dilihat. Kalau meja kantor jadi lebih rapi pasti semangat kerja Anda juga akan meningkat.

4. Evaluasi terhadap alat kerja
Jika di kantor ada orang yang memang ahli dalam penyediaan perlengkapan kantor, cobalah tanyakan padanya apakah kubik tempat Anda bekerja sudah pas. Jika belum, mintalah ia untuk mengecek, apakah kursi sudah pas, ataukah sedikit kurang nyaman. Sedikit saja kurang nyaman bisa membuat sakit punggung dan tidak produktif dalam bekerja.

5. Matikan Notifikasi Email
Kalau setiap saat Anda harus mengecek email dan tidak bisa menutupnya sebentar saja, coba matikan saja notifikasi emailnya supaya tidak mengganggu Anda setiap saat, terlebih saat Anda sedang banyak kerjaan.

6. Rencanakan hari-hari santai Anda keesokan harinya
Ada kalanya yang bisa membuat Anda bosan dan tidak produktif di kantor adalah dilanda rutinitas yang itu-itu saja. Cobalah merencanakan kegiatan apa yang akan Anda lakukan esok harinya. Dengan begitu akan membuat Anda terpacu menyelesaikan pekerjaan saat itu juga agar rencana di esok hari bisa segera terlaksana.

Nah, dengan melakukan kegiatan positif di atas semoga saja puasa Anda akan berjalan lancar dan pekerjaan juga cepat beres.

Penulis: