Padahal untuk dapat merealisasikan momen indah itu, kita dapat melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya yang melebihi kapasitas dan kemampuan kita

Momen pernikahan merupakan saat yang istimewa dan penuh kebahagiaan. Sebuah momen yang tidak akan pernah dilupakan oleh pasangan pengantin, keluarga, kerabat serta teman yang berbahagia.

Untuk itu, setiap calon pengantin pasti memimpikan (dan berusaha merealisasikan) sebuah pesta pernikahan yang berkesan bagi para tamu undangan, keluarga dan tentunya bagi mereka seendiri.

Sesaat kemudian, pernikahan menjelma menjadi suatu acara yang identik dengan kemewahan dan biaya selangit. Padahal untuk dapat merealisasikan momen indah itu, kita dapat melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya yang melebihi kapasitas dan kemampuan kita.

Triknya adalah dengan mengantisipasi beberapa faktor yang akan menentukan besar kecilnya biaya yang akan dikeluarkan nantinya.

Laurenee Gift mempunyai beberapa Tips dan Trik untuk menghemat biaya pernikahan anda dengan tidak mengurangi kesan iistimewa pada pernikahan, dan berikut adalah diantaranya:

1. Susun rencana pernikahan anda sedini mungkin. dengan mempersiapkan acara ini jauh-jauh hari, anda dapat meluangkan waktu untuk mencari dan membandingkan setiap vendor yang anda perlukan untuk pesta pernikahan sehingga anda dapat mengatur pos-pos keuangan dengan lebih baik dan terhindar dari biaya dadakan yang akan membuat dana membengkak. beberapa vendor juga menyediakan diskon khusus untuk para calon pangantin yang memesan jasa layanan mereka jauh-jauh hari.
   
2. Pilih tanggal dan hari pernikahan yang tepat. Tidak dapat dipungkiri, pernikahan pun memiliki musimnya. High season biasanya jatuh pada bulan-bulan dipertengahan tahun dan akhir tahun. Jatuhkan tanggal pesta pernikahan anda pada low season months. Pada bulan-bulan tersebuat akan banyak vendor yang menawarkan promo paket murah untuk layanan pesta pernikahan.

jauhi tanggal-tanggal cantik karena dapat dipastikan harga layanan dan jasa menjadi jauh lebih tinggi karena banyaknya permintaan(terutama untuk venue atau tempat pesta) pilih pula hari jum'at atau weekddays lainnya sebagai hari pesta pernikahan anda. karena pesta yang dilakukan saat weekend, sabtu dan minggu, selalu membutuhkan anggaran yang lebih besar.
   
3. Mintalah bantuan teman atau kerabat terdekat untuk mengatur kelancaran acara pernikahan anda. Dengan demikian anda dapat menghemat  biaya menyewa Wedding Organizer tanpa harus mencemaskan berbagai hal teknis selama pesta perrnikahan berlangsung.
   
4. Pilih lokasi atau tempat pernikahan yang tepat sesuai kapasitas tamu undangan anda. Standing party adalah salah satu solusi menyenangkan untuk menghemat biaya. Pilih pula restaurant sebagai tempat berlangsungnya pesta di banding ballroom hotel.
   
5. Buatlah anggaran yang tepat untuk pos souvenir anda, karena buah tangan adalah salah satu media penting yang berperan mengingatkan keluarga dan kerabat tercinta akan indahnya pesta pernikahan anda. Untuk menghemat biaya, anda dapat menggabungkan soouvenir dengan undangan pernikahan.

Keuntungan lainnya, undangan yang anda berikan tidak akan terbuang sia-sia dan biaya yang dikeluarkan dapat terminimalisasi tanpa harus mengurangi kualitas dan keindahan barang yang diberikan.

 


 

 

Penulis: /FEB