Ilustrasi kegiatan di lembaga PAUD.
Peran ayah dalam mendampingi ibu dalam mendidik anak menjadi fenomena kompleks dan unik dalam pertumbuhan emosi dan intelektual anak.

Peran Keluarga dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus seimbang dalam  perkembangan kepribadian dan tingkat kecerdasan anak.

"Anak usia dini memiliki daya ingat dan daya tiru yang luar biasa, sehingga harus ada hal-hal positif yang diajarkan setiap hari," kata Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah, dalam acara sosialisasi PAUD se-Provinsi Gorontalo, Jumat (20/7).

Menurut dia, anak usia dini tidak hanya membutuhkan gizi yang baik, tapi juga lingkungan yang baik untuk pertumbuhannya. Untuk itu, lanjut dia, PAUD harus menjadi wadah yang menyenangkan dan mendidik dengan tepat bagi anak-anak.

Selain lingkungan di luar rumah, Idah menambahkan suasana keluarga adalah yang paling menentukan tumbuh kembang anak, terlebih figur seorang ayah.

Dijelaskan Idah, peran ayah dalam mendampingi ibu dalam mendidik anak menjadi fenomena kompleks dan unik dalam pertumbuhan emosi dan intelektual anak.

"Ayah memiliki gaya komunikasi yang berbeda, cara bermain berbeda dan cara mengasuh yang lebih mengarah pada peningkatan kemandirian dan kepercayaan diri anak," tutur dia.

Untuk itu, Lanjut Idah, setiap kata yang diucapkan kepada anak harus disaring terlebih dahulu oleh orangtua dan orang lain di sekitarnya, katanya.

Penulis: