Ilustrasi makanan dan minuman.

Begitu banyak makanan di pasaran yang mengklaim menyehatkan tubuh. Sayangnya saat kita mengonsumsi makanan tersebut, manfaat kesehatan yang kita peroleh justru sedikit.

Sebenarnya memang kita tak mendapatkan masalah kesehatan dengan mengonsumsi makanan tersebut dalam takaran yang wajar.

Tapi begitu kita mulai memakannya dalam jumlah yang banyak, mereka akan menjadi tak menyehatkan. Berikut beberapa makanan yang sebenarnya tak menyehatkan.

1. Jus buah
Meminum jus buah adalah cara cepat untuk menambah berat badan dan merusak kesehatan gigi. Jus buah mengandung sedikit buah tapi lebih banyak kandungan gula, air, aditif kimia untuk menambahkan rasa serta pengawet yang tak sehat.

Akan lebih baik jika kita mengonsumsi buah segar yang kaya serat. Selain itu buah segar juga memiliki kadar kalori rendah dibandingkan jus. Buah juga kaya vitamin dan mineral. Agar terhindar dari efek negatif jus buah, konsumsilah dalam takaran yang wajar.

2. Sereal
Banyak sereal yang kaya kandungan gula. Bahkan kandungan gula yang terlalu banyak membuat nutrisi lain yang berguna dalam sereal menjadi tak bermanfaat.

Periksalah label nutrisi sereal dengan seksama saat memilih produk ini. Jangan pilih sereal dengan kandungan 3 gram serat setiap 30 gram penyajian. Nilai itu sama dengan lebih dari 2 gram gula setiap penyajian sebanyak 30 gram.

Carilah yang berkadar 5 gram serat per 30 gram jika memungkinkan.

3. Salad
Banyak orang yang berpikir makanan dengan nama salad adalah pilihan yang menyehatkan. Padahal salad yang disajikan di restoran dengan banyak tambahan berupa mayonnaise, kalori serta sodium justru menjadi tak menyehatkan.

Hindari mengonsumsi salad dengan tambahan kalori yang banyak. Coba pilih dressing yang menggunakan minyak zaitun dan hindari salad dengan heavy dressing.

4. Produk susu olahan
Jika sebelumnya produk susu olahan (whole milk) dipandang menyehatkan, saat ini karena kandungan kolesterol yang tinggi serta lemak jenuh membuatnya produk susu olahan ini patut dikurangi konsumsinya.
Belum lagi produk susu olahan juga telah mendapatkan pengawet atau bahan lain untuk mengubah rasa serta teksturnya, sehingga Anda patut berhati-hati saat mengonsumsi produk ini.

5. Smoothies
Selama ini smoothies menjadi makanan kesukaan mereka yang tengah berdiet. Tapi hati-hati, karena smoothies juga memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga mengonsumsinya justru dapat merusak diet Anda.

6. Minuman soda diet
Banyak yang mengira dengan mengonsumsi minuman soda diet lebih menyehatkan ketimbang minuman soda karena lebih sedikit kandungan kalori serta gula di dalamnya.

Sebaiknya Anda juga menghindari minuman ini karena kebanyakan menggunakan aspartame sebagai pengganti gula sebagai pemanisnya. Selain itu minuman soda diet juga menggunakan bahan pengawet serta warna kimiawi.

Hasilnya mereka yang mengonsumsi soda diet justru mengalami ketidakseimbangan insulin serta kadar gula dalam darah.

7. Waspadai label fat free
Memiliki label bebas lemak tak berarti makanan tersebut lebih sehat. Bahkan produk yang mencantumkan label fat free justru mengandung lebih banyak kalori dibanding produk yang tak berlabel fat free.

Ini terjadi karena produk tersebut menggunakan pencita rasa buatan serta pemanis buatan agar terasa lebih enak saat dikonsumsi.

 

Penulis: Yudo Dahono/YUD

Sumber:Life Mojo