Ilustrasi ibu hamil.

Semakin hari semakin banyak ibu yang cenderung memilih persalinan melalui operasi caesar ketimbang persalinan normal. 

Hal ini lantaran operasi caesar diyakini lebih mudah dan kurang menyakitkan. Namun, dalam beberapa kasus, ibu memang harus melakukan operasi caesar karena kondisi tertentu.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa operasi caesar memiliki beberapa efek samping. Apa saja efek samping yang bisa timbul ke depannya akibat operasi ini? Berikut penjelasannya seperti dilansir Boldsky.

1. Bekas Luka
Operasi caesar akan meninggalkan bekas luka yang sulit bahkan tak bisa dihilangkan. Anda akan memiliki jaringan parut yang terbentuk di sisi operasi. Jaringan parut ini dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Bagaimana jika Anda diharuskan melakukan operasi lainnya di masa depan.

2. Butuh Waktu Lama untuk Pemulihan
Anda harus istirahat selama tiga bulan setelah menjalani operasi caesar. Ingat, jangan meremehkan masa pemulihan ini karena jahitan setelah operasi caesar tidak mudah kering.

3. Berisiko Terkena Hernia
Hernia adalah penyakit yang muncul karena luka mendalam pada tubuh. Hal ini umumnya terjadi setelah seorang wanita memiliki operasi caesar. Jika Anda tidak istirahat cukup setelah melahirkan, Anda berada pada risiko terkena hernia.

4. Nyeri Punggung
Sakit punggung adalah keluhan umum yang sering terjadi akibat anestesi epidural. Tetapi juga bisa terjadi karena jahitan. Setiap kali Anda tertawa atau batuk, Anda akan merasakan sakit seperti digigit semut. Hal ini juga dapat menyebabkan sakit punggung.

Penulis: Ririn Indriani

Sumber:Boldsky