Fasilitas medis canggih di salah satu rumah sakit Siloam Hospitals.

Makassar - PT Lippo Karawaci Tbk meresmikan pengoperasian rumah sakit rujukan canggih yang dibangun dengan dana US$ 48 juta (Rp 466 miliar) di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (17/4).

Siloam Hospitals Makassar adalah satu dari 13 rumah sakit yang dioperasikan oleh Siloam sekarang ini dan akan menjadi tempat rujukan bagi jaringan rumah sakit-rumah sakit Siloam yang sedang tumbuh di berbagai provinsi wilayah timur Indonesia di Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.

Upacara pembukaan disaksikan oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, serta dihadiri tamu-tamu penting dari kelompok usaha, masyarakat dan pemerintah setempat.

“Kami menyampaikan penghargaan kepada upaya Siloam Hospitals dalam memulai terobosan ini untuk membangun sebuah sistem rumah sakit modern dengan pusatnya Siloam Hospitals Makassar,” kata Menteri.

Salah satu unsur penting dalam pengembangan jaringan rumah sakit di wilayah timur ini adalah kerjasama Siloam Hospitals dengan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin di Makassar.

Siloam Hospitals Makassar akan dilengkapi peralatan canggih seperti 1.5 Tesla MRI, 128-slice CT-Scan, Cath-Lab dan mesin ultrasound 4 dimensi.

Unit gawat darurat akan dispesialisasikan untuk menangani kasus-kasus jantung, stroke dan trauma.

Pada akhir 2013 nanti rumah sakit tersebut akan memiliki 685 dokter, tenaga spesialis dan staf klinik, dengan 320 tempat tidur, 36 ruang pasien terpisah, enam ruang operasi, dan ruang spesialis kardiologi, neurologi, onkologi, dan ortopedi.

"Makassar adalah pintu gerbang menuju koridor timur Indonesia dan semakin tumbuh menjadi daya tarik turis. Visi Siloam adalah membangun pusat jaringan layanan medis papan atas dengan layanan kelas dunia berkolaborasi dengan Universitas Hasanuddin, yang kami harapkan bisa memasok dokter-dokter spesialis di wilayah timur yang sangat kekurangan tenaga spesialis,” kata Dr Gershu Paul, CEO Siloam Hospitals.

Lippo saat ini sedang dalam proses membangun jaringan rumah sakit nasional yang akan mencapai 45 rumah sakit dalam lima sampai tujuh tahun ke depan.

Saat ini Siloam Hospitals Group yang dibentuk sejak 1996 telah memiliki jaringan dengan 13 rumah sakit di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bali, Surabaya, Palembang, Manado, Makassar, Jambi dan Balikpapan.

Jumlah dokter, perawat dan tenaga medis lainnya mencapai lebih dari 2.200 orang dan mereka melayani lebih dari 1 juta pasien setiap tahunnya.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:PR