Ilustrasi tidur mendengkur yang bisa mengganggu orang lain atau pasangan.

Jakarta - Salah satu kesalahan terbesar soal tidur adalah orang kerap menyepelekannya. Nutrisi dan olah raga sering disebut pilar-pilar kesehatan, tetapi tanpa tidur semuanya akan timpang.

Sayangnya ketika sudah tahu betapa pentingnya tidur, banyak orang yang justru tidak bisa memejamkan mata ketika tiba waktunya untuk terlelap. Sialnya lagi untuk memaksa mata terpejam mereka kerap percaya pada mitos-mitos yang salah. Berikut adalah 10 mitos yang salah tentang tidur:

1. Tidur sambil menyalakan televisi

Tubuh buth situasi yang nyaman, dingin, tenang, dan gelap untuk memantik rasa kantuk secara alami. Jika menyalakan televisi, tidak saja suara, tetapi cahaya yang dipancarkannya akan justru membuat mata Anda susah terpejam.

2. Bergadang di akhir pekan

Bergadang di akhir pekan dan membayarnya dengan bangun siang hanya akan membuat tubuh Anda tidak seimbang. Jam biologis Anda akan terganggu dengan perilaku yang disebut social jetlag oleh para ilmuwan itu. Usahakan tetap mengikuti jam tidur Anda di hari-hari kerja.

3. Konsumsi minuman keras sebelum tidur

Banyak yang mengira, alkohol bisa membuat orang mengantuk. Justru sebuah penelitian pada 2013 menunjukkan bahwa alkohol bisa merusak kualitas tidur karena mengganggu tahapan tidur yang disebut REM (rapid eye movement). REM sangat penting bagi otak, khususnya bagian yang mengatur ingatan.

4. Berbaring di tempat tidur ketika susah tidur

Sebaliknya, saran para ilmuwan, cobalah berjalan-jalan atau membaca buku sampai Anda sedikit lelah.

5. Minum obat tidur

Hindari konsumsi obat tidur. Anda mungkin akan terbantu untuk tidur, tetapi itu bisa membuat Anda tergantung pada obat-obatan hanya untuk bisa terlelap.

Penulis: Liberty Jemadu

Sumber:Huffington Post