Sejumlah warga ibukota membeli aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa di Pasar Ramadhan Bendungan Hilir (Benhil) di Jakarta.

Banyak kalangan yang selama bertahun-tahun, menggunakan bulan puasa untuk meningkatkan perkembangan rohani, memperbaiki kesehatan dan mempertahankan kebugaran.

Nah, untuk Anda yang ingin menjalani bulan ramadan kali ini, berikut sejumlah tip aktifitas di bulan puasa yang kiranya dapat membantu dalam menjalani bulan Ramadan secara maksimal.

Lupakan Niat Menguruskan Badan
Banyak orang yang mungkin tergoda memandang berpuasa sebagai diet kilat untuk tampil prima di Hari Lebaran. Sayangnya, anggapan tersebut salah besar.

Karenanya, segeralah revisi tujuan di bulan ramadan ini, bukan untuk menurunkan berat, tapi untuk fokus terhadap apa yang dibutuhkan tubuh supaya tetap prima saat berpuasa.

Jangan Kurangi Porsi Makan Sahur
Sahur adalah hidangan yang akan membuat Anda tetap berenergi sepanjang hari.

Mulailah dengan minum secangkir air hangat yang ditambah perasan lemon atau jeruk nipis. Langkah ini akan mengawali proses pencernaan dan mempersiapkan tubuh untuk menyantap makanan sahur.

Makan Benar Saat Berbuka
Saat maghrib tiba, kita tahu bagaimana rasanya keinginan untuk memboyong seporsi besar hidangan. Sebaiknya, tahan keinginan itu dan makanlah dengan perlahan.

Ikuti sunah nabi dengan memakan kurma dan air putih terlebih dahulu, lalu tunaikan shalat. Ingat selalu, sajian berbuka harus terdiri dari makanan yang mengenyangkan.

Usahakan untuk Berolahraga
Cobalah melakukan aktivitas aerobik ringan sesudah sahur seperti jalan kaki, joging dan yoga. Jika Anda tidak bisa menolak keinginan untuk berolahraga angkat beban, pilih beban yang ringan.

Meski demikian, buat batasan waktu olahraga hingga 3-4 hari per minggu, dengan durasi 30 menit per harinya karena sistem tubuh banyak mengalami perubahan dengan berkurangnya asupan makanan.

 

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:Aquilastyle