Kanye West (kiri) bersama istrinya Kim Kardashian. Pada 2007 silam West pernah mengaku mengalami kecanduan seks

Jakarta - Sebuah studi di Amerika Serikat menemukan bahwa sebenarnya orang yang terlalu sering berhubungan seksual tidak mengidap kelainan kejiwaan yang disebut kecanduan seks atau sex addiction. Ia semata-mata hanya punya libido seksual yang besar.

Sebelumnya sejumlah selebriti seperti Tiger Woods, Kanye West, dan Russel Brand - mengklaim bahwa mereka mengidap kecanduan seks dan menggunakan klaim itu sebagai pembenaran atas pelampiasan libido mereka yang tinggi.

Dalam penelitian itu para ilmuwan dari University of California, Amerika Serikat, meneliti 52 sukarelawan - 39 lelaki dan 13 perempuan - yang sebelumnya didiagnosa mengidap kecanduan seks.

Mereka diminta untuk melihat gambar-gambar erotis, sementara peneliti memindai aktivitas otak mereka. Eksperimen yang sama pernah dilakukan untuk memantau aktivitas otak para pecandu narkotika.

Pada kasus pecandu narkotika, aktivitas otaknya akan langsung berubah ketika melihat gambar obat-obatan terlarang. Tetapi dalam kasus pecandu seks, tidak ada perubahan aktivitas otak seperti pada pecandu narkotika, ketika mereka ditunjukkan gambar-gambar erotis.

"Hiperseksualitas tidak bisa lagi menjelaskan perbedaan aktivitas otak dalam respon seksual, itu tidak lebih dari libido yang tinggi," kata Nicole Prause, peneliti yang menggelar studi tersebut.

Dia menambahkan bahwa studi itu menunjukkan bahwa "hiperseksualitas tidak menjelaskan apa pun tentang respon otak terhadap erotika."

Penulis: Liberty Jemadu

Sumber:Daily Mail