Teh hijau memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Maryland - Teh hijau memiliki kekuatan alami untuk mencegah flu serta meningkatkan metabolisme. Kandungan antioksidannya yang tinggi juga sangat baik untuk kecantikan kulit serta membantu diet. Tak heran kalau banyak perempuan yang mengkonsumsinya setiap hari.

Bagi Anda penggemar teh hijau, perhatikan juga porsi yang diminum setiap hari. Dua hingga tiga cangkir per hari adalah yang paling direkomendasikan. Hal itu menurut Dr. Zuo Feng Zhang, peneliti epidemiologi kanker dari University of Maryland Medical Center.

Porsi lima hingga tujuh cangkir teh hijau setiap hari biasanya dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani diet. Batas maksimal adalah 10 cangkir per hari, jangan lebih dari itu.

Karena, menurut penelitian konsumsi lebih dari 10 gelas teh hijau per hari bisa memicu insomsia. Lalu, kandungan tannin pada teh akan menghambat penyerapan asam folat oleh tubuh. Untuk para perempuan yang hamil dan merencanakan kehamilan usahkan jangan terlalu banyak minum teh hijau.

Konsumsi teh hijau berlebihan juga menghambat penyerapan zat besi. Jadi, usahakan perhatikan porsi teh hijau yang Anda minum setiap hari, jangan sampai malah berdampak buruk bagi kesehatan.

Penulis: Mutia Nugraheni/MUT

Sumber:Health