Ilustrasi buah-buahan yang penuh gizi.

Kolesterol yang tak terkontrol merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner.

Menurut Kepala divisi Endokrinologi & Metabolik Departemen Penyakit Dalam RSCM, dr. Em Yunir, SpPD, K-EMD, tidak ada yang lebih menentukan risiko seseorang akan mengalami serangan jantung daripada kolesterol.

"Kolesterol yang berlebihan dalam aliran darah, mengendap lalu membentuk plak endapan yang mengakibatkan penebalan, penyempitan dinding pembuluh darah dan meningkatkan risiko kemungkinan serangan jantung," tambahnya.

Namun, tidak berarti bahwa kolesterol adalah segalanya untuk penyakit jantung. Dalam jumlah tertentu, lanjut Em Yunir, tubuh memerlukannya agar tetap sehat. Hanya bila jumlahnya berlebihan akan timbul masalah. "Penurunan kolesterol 1 persen saja dapat mengurangi risiko serangan jantung 2 -3 persen," jelasnya.

Lantas, bagaimana menjaga kadar kolesterol agar tidak mengganggu kesehatan? Berikut beberapa tips yang diberikan oleh Em Yunir:

1. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh
Lemak jenuh, biasanya mengacu pada lemak yang berasal dari hewan, terutama didapatkan pada daging merah. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung jenis lemak ini dibatasi, karena dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Em Yunir menyarankan untuk mengonsumsi lemak jenuh tidak lebih dari 30 persen dari total kalori yang dibutuhkan tubuh.

2. Lakukan Diet Sehat
Perubahan gaya hidup diperlukan untuk mempertahankan berat badan normal atau menurunkan berat badan agar kadar kolesterol bisa menurun. Em Yunir menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang memiliki zat antioksidan.

3. Lakukan Aktivitas Fisik 30 Menit per Hari
Aktivitas fisik yang cukup dan berkelanjutan, sekitar 30 menit setiap hari, atau minimal 150 menit seminggu, seperti jalan, jogging, bersepeda, berenang adalah pilihan yang sangat baik untuk memperoleh kadar kolesterol yang normal.

4. Berhenti Merokok
Disamping sebagai faktor risiko terkena penyakit jantung, merokok juga dapat mengakibatkan penurunan kadar kolesterol baik (High Density Low). Berhenti merokok dapat menaikkan kolesterol baik hingga 10 persen.

5. Konsultasi ke Dokter
Bila gaya hidup Anda ternyata belum membantu menurunkan kadar kolesterol, solusi terakhir adalah segera konsultasi ke dokter agar bisa memberikan penanganan lanjut pada keluhan Anda.

Penulis: Firsta Putri Nodia