Ilustrasi jeruk, salah satu buah yang kaya akan vitamin C
16 persen lelaki mandul karena hal ini.

Vitamin tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi juga bisa memengaruhi seksualitas manusia.

Salah satunya adalah vitamin C yang berperan dalam penyerapan zat besi, pembentukan sel darah dan metabolisme kelenjar adrenalin.

Semua proses tersebut merupakan proses yang sangat memengaruhi kesehatan seksual manusia.

Zat besi itu sendiri membantu untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Sedangkan darah berperan membawa oksigen, hormon, dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh.

Sementara kelenjar adrenalin menghasilkan banyak hormon penting untuk aktivitas seksual manusia, termasuk hormon yang membantu sekaligus merangsang orgasme.

Menjaga Kesuburan
Larry Lipschultz, M.D., dosen urologi Baylor College Of Medicine, Houston, mengatakan bahwa vitamin C memiliki antioksidan yang membuat membran-membran sel menjadi stabil dan bermanfaat bagi sperma.

Ia menganjurkan untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak 1000-1500 mg setiap hari, bisa dari suplemen atau dari buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

Vitamin C memang berperan aktif dalam sintesis berbagai hormon seksual. Dan hormon kesuburan penting bagi manusia seperti hormon androgen, estrogen, serta progesteron. Pun berperan penting dalam menjaga kesuburan terutama pada lelaki.

Asupan vitamin C yang cukup akan meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, serta memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke organ seksual manusia.

Lancarnya peredaran darah membuat gairah seksual meningkat, dan memicu tubuh mengeluarkan cairan seks agar tidak timbul nyeri saat berhubungan intim.

Karenanya asupan vitamin C yang cukup amat penting. Bila sampai kekurangan vitamin tersebut, bisa menyebabkan sperma menggumpal. Kasus ini mencapai 16 persen di antara  semua lelaki yang mandul.

Beberapa studi telah menunjukkan, bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari juga ternyata mampu meningkatkan kesuburan di kalangan lelaki perokok.

Sedangkan beberapa sumber makanan yang kaya akan vitamin C antara lain, jeruk, mangga, semangka, kecambah,kiwi, stroberi, tomat, brokoli, dan lain-lain.

Penulis:

Sumber:Livestrong