Ilustrasi cermin
Nyeri sendi akan berkurang setelah satu menit menjalani terapi cermin.

Penderita arthritis (penyebab utama radang sendi) ternyata dapat dikurangi dengan menggunakan ilusi optik. Demikian yang dikemukakan oleh peneliti dari University of California, Amerika Serikat,

Kesimpulan ini didapat setelah mereka melakukan studi uji coba teknik yang melibatkan cermin untuk mengurangi nyeri sendi dan kekakuan pada otot.

Terapi tersebut, kata peneliti, ternyata terbukti efektif untuk mengurangi keluhan yang dialami penderita.

Mereka mengungkapkan ada delapan pasien rematik yang melaporkan penurunan nyeri sendinya pada tingkat rata-rata satu dan setengah pada skala sepuluh poin, setelah satu menit menjalani terapi tersebut.

Peneliti mengatakan, untuk mengobati pasien yang menderita rematik di tangan kanan, tangan penderita dan lengan bawahnya diletakkan tersembunyi dari sebuah cermin tegak.

Sementara tangan kirinya diletakkan di sisi lain dari cermin, sehingga pasien dapat melihat refleksi tersebut.

Di saat peneliti membuka dan menutup tangan pasien dan memintanya melakukan hal sama dengan tangan tersembunyi, otak pasien itu tertipu untuk berpikir dari refleksi itu sendiri.

"Terapi ini tampaknya dapat digunakan sebagai cara untuk mengurangi rasa sakit, seolah-olah otak pasien dapat memperkirakan kembali sehat dan sembuh dari penyakitnya," jelasnya

Laura, salah satu peneliti menjelaskan, bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan-bahan sederhana dan murah seperti cermin dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan sendi dan kekakuan otot yang dialami pasien. 

Inilah yang menjadi alasan mengapa Profesor Alan Silman, Direktur Medis dari Arthritis Research, Inggris mengatakan bahwa terapi cermin amat menjanjikan dan berpotensi menjadi pengobatan untuk penderita arthritis.
-

Penulis:

Sumber:Dailymail