Komplikasi Penyakit yang Mengintai Penderita Diabetes

Komplikasi Penyakit yang Mengintai Penderita Diabetes
Ilustrasi diabetes ( Foto: The Times of India )
Herman / MUT Jumat, 14 November 2014 | 16:47 WIB

Jakarta - Berolahraga, menjaga menu makanan dan mengontrol gula darah, harus dilakukan secara teratur. Jangan sampai gaya hidup tak sehat membuat Anda mengalami penyakit diabetes melitus. Aktivitas fisik serta diet sehat merupakan upaya terbaik untuk mencegah Diabetes Melitus (DM) tipe 2.

Jangan sampai komplikasi terjadi. Menurut Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Akmal Taher  diabetes memang sangat rentan menimbulkan komplikasi berbagai penyakit.

"Upaya pencegahan ini harus segera kita lakukan. Jika sudah komplikasi, itu sangat bahaya karena semua organ tubuh bisa diserang," kata Akmal Taher di Jakarta, Jum'at (14/11).

Data yang disampaikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemkes RI menyebutkan, 50,9 persen penderita diabetes dapat mengalami penurunan kemampuan seksual, 30,6 persen gangguan refleks tubuh, 29,3 persen dapat mengalami gangguan penglihatan dalam bentuk retinopati diabetik dan 16,3 persen katarak. Sekitar 50 persen penderita diabetes juga akan meninggal akibat penyakit kardiovaskuler.

Diabetes Melitus sendiri terdiri dari dua tipe yaitu tipe pertama yang disebabkan keturunan dan tipe kedua disebabkan gaya hidup. Secara umum, hampir 80 persen prevalensi diabetes melitus adalah DM tipe 2.

"Bila dicermati, penduduk dengan obesitas juga mempunyai risiko terkena DM lebih besar dari penduduk yang tidak obesitas," ujar Kepala Balitbangkes, Tjandra Yoga Aditama.

Dalam rangka Hari Diabetes Sedunia 14 November 2014, organisasi kesehatan dunia WHO juga sudah mengingatkan bahwa DM tipe 2 akan terus meningkat. Peningkatan terjad akibat gaya hidup tidak sehat khususnya kebiasaan makan tak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.

"Penelitian menunjukkan kalau kita berolahraga 30 menit setiap hari akan mengurangi risiko mendapat diabetes tipe dua sebesar 40 persen. Karena itu, pastikan selalu melakukan pola hidup sehat," ujar Tjandra.

CLOSE