Kebiasaan Menyirih Bisa Sebabkan Gigi Tanggal

Kebiasaan Menyirih Bisa Sebabkan Gigi Tanggal
Ilustrasi perempuan merasa sakit di daerah mulut. ( Foto: Visualphotos )
Herman Selasa, 24 Maret 2015 | 18:29 WIB

Tangerang - Tradisi menyirih memang sudah cukup lama dilakukan masyarakat Indonesia, terutama oleh orang-orang yang berusia lanjut. Banyak yang meyakini kalau cara tersebut dapat membantu menguatkan jaringan keras gigi.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan, daun sirih memiliki efek antiseptik untuk membunuh kuman. Sayangnya, dalam proses menyirih, daun sirih juga dicampurkan dengan bahan-bahan lain yang justru bisa membahayakan kesehatan gigi dan mulut.

"Campuran daun sirih yang sering dipakai untuk menyirih seperti pinang, gambir, tembakau, dan kapur. Di sinilah masalahnya karena kapur sebagai campuran sirih dapat menyebabkan kerusakan gusi atau periodentitis," kata dokter gigi Martha Juslily, di Tangerang, Selasa (24/3).

Masalah periodentitis ini menurutnya bisa menyebabkan gigi tanggal (copot) sehingga bisa mengganggu aktivitas menggigit atau mengunyah makanan.

"Giginya mungkin saja kuat karena daun sirih. Tapi gusi yang menjadi penyangga giginya akan rusak. Jadi percuma saja giginya kuat karena akhirnya akan tanggal," ujar ketua Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan tersebut.

CLOSE