Ajak Anak Kunjungi Dokter Gigi Sedari Dini

 Ajak Anak Kunjungi Dokter Gigi Sedari Dini
Ilustrasi gigi berlubang ( Foto: Istimewa )
Carla Isati Octama / YUD Minggu, 15 November 2015 | 18:41 WIB

Jakarta - Seringkali anak-anak takut mengunjungi dokter gigi. Padahal, sejak kecil anak-anak sebaiknya dibiasakan rutin mengunjungi dokter gigi untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.

"Menurut rekomendasi American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD), sebaiknya orangtua memeriksakan gigi anak setelah gigi pertama anak tumbuh, sekitar usia 6-12 bulan," ujar dokter gigi drg. Widya Apsari, Sp.PM saat ditemui di acara bincang-bincang di Difa Oral Health Center di Jakarta, Minggu (15/11).

Menurut drg. Widya, gigi pertama anak biasanya tumbuh di usia 6 bulan. Oleh karena itu, di usia tersebut sebaiknya anak dibawa ke dokter gigi, meskipun gigi sang anak baik-baik saja.

"Dengan memeriksakan gigi anak lebih dini, si kecil akan merasa familiar dengan dokter gigi sehingga membangun rasa nyaman dan percaya diri terhadap dokter gigi," lanjutnya.

Menurut drg. Widya, memang sebaiknya pertama kali saat mengunjungi dokter gigi, kondisi gigi anak dalam keadaan sehat sehingga dia tidak merasa takut untuk menemui dokter gigi.

"Untuk melindungi kesehatan gigi si kecil, biasakan rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali," tutup drg. Widya.

Sumber: BeritaSatu.com