Ilustrasi makanan

Cara Membakar Kalori setelah Menikmati Hidangan Natal

Ilustrasi makanan (Istimewa)

London - Selama berlangsungnya liburan Natal dan Tahun Baru, kebanyakan orang menikmati suguhan aneka hidangan lezat yang menggoda selera. Akibatnya, tubuh menjadi terpacu untuk makan sebanyak mungkin, yang pada gilirannya malah merusak diet.

Rata-rata orang akan mengkonsumsi sekitar 6.000 kalori pada hari Natal saja, hampir tiga kali asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita dan lebih dari dua kali jumlah yang disarankan bagi seorang pria.

Agar terhindar dari hal tersebut, pakar kesehatan yang tergabung dalam Royal Society untuk Kesehatan Masyarakat (RSPH) yang berbasis di London menyatakan, memperbanyak latihan setelah menikmati hidangan Natal sangat diperlukan untuk membakar kalori dan menjaga berat badan tubuh.

Laporan tersebut menyatakan, setiap orang harus beraktifitas fisik khususnya berjalan kaki, setidaknya empat setengah jam untuk membakar kalori yang dikonsumsi selama menikmati hidangan Natal, seperti pai, puding Natal, keju, biskuit dan cokelat.

Selain itu, menikmati makanan lebih sedikit, memperbanyak buah, dan tetap rutin latihan fisik, disebutkan dapat membantu menjaga berat badan selama berlangsungnya momen liburan Natal.



Feriawan Hidayat/FER

Xinhua, ChinaDaily